Dark/Light Mode

Sebelum Rayakan HUT Ke-117, Orang Tertua Di Eropa Ini Sembuh Dari Covid

Rabu, 10 Februari 2021 15:38 WIB
Sister Andre, orang tertua kedua di dunia sembuh dari Covid, jelang HUT ke-117. (Foto: AFP/Getty Images)
Sister Andre, orang tertua kedua di dunia sembuh dari Covid, jelang HUT ke-117. (Foto: AFP/Getty Images)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejauh ini, Covid-19 cenderung menyebabkan gejala berat pada lansia. Bahkan, tak jarang, berakhir dengan kematian. Namun, hal itu tak dialami Lucile Randon, yang berganti nama menjadi Sister Andre pada tahun 1944.

Biarawati asal Prancis yang merupakan orang tertua di Eropa itu, sama sekali tak merasakan gejala apa pun, sejak dinyatakan positif Covid pada 16 Januari lalu. Hingga akhirnya sembuh, beberapa hari sebelum ulang tahunnya yang ke-117.

Baca juga : Kemenkeu Ajak Orang Tua Ajari Anaknya Investasi Sejak Dini

"Saya sama sekali tak sadar, kalau saya kena Covid," ungkap Sister Andre yang seperti dilansir BBC, Rabu (10/2).

Sister Andre yang kini buta dan menggunakan kursi roda untuk menjalani aktivitasnya, akan berulang tahun yang ke-117 pada Kamis (11/2) besok. Berhubung masih dalam suasana Covid, Sister Andre hanya akan merayakan hari jadinya dengan sekelompok kecil penghuni rumah jompo.

Baca juga : Insentif Selama Pandemi Covid

"Dia sangat beruntung," kata Juru Bicara Rumah Jompo Sainte Catherine Laboure, David Tavella.

Kepada koran Var Matin, Tavelle mengungkap, Sister Andre tak penah bertanya soal kesehatannya. Dia hanya bertanya soal menu makan dan jadwal tidurnya selama menjalani isolasi mandiri.  "Sister Andre sama sekali tak takut dengan penyakitnya. Dia malah sangat perhatian dengan penghuni rumah jompo lainnya," papar Tavella.

Baca juga : Layanan Perpanjang SIM Di Jakarta, Minggu Ini Hadir Di 2 Lokasi

Sikap tak gentar menghadapi Covid, juga disampaikan Sister Andre dalam wawancaranya dengan Stasiun TV Prancis, BFM. "Saya tidak takut, karena saya tidak takut mati. Saat ini, saya gembira bersama Anda. Tapi, saya juga tak masalah bila saya harus bertemu dengan kakak,kakek, dan nenek saya," tutur Sister Andre.

Gerontology Research Group (GRG) World Supercentenarian mencatat Sister Andre yang merupakan orang tertua di Eropa, sebagai orang tertua kedua di dunia, yang hingga kini masih hidup. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.