Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dapat Libur Panjang, Warga Jepang Bingung

Kamis, 4 April 2019 09:13 WIB
Pekerja di Jepang akan liburan dimulai 27 April hingga 6 Mei. (Foto AFP)
Pekerja di Jepang akan liburan dimulai 27 April hingga 6 Mei. (Foto AFP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Para pekerja di Jepang akan mendapatkan liburan panjang 10 hari untuk memperingati turun tahta Kaisar Akihito, yang jatuh pada 30 April, dan naik tahta Naruhito pada 1 April. Namun, para pekerja jepang, yang biasa disebut salaryman, malah pusing. Mereka kebingungan akan melakukan apa sepanjang libur panjang tersebut.

Liburan 10 hari ini juga digabung dengan liburan Golden Week. Total, liburan akan dimulai 27 April hingga 6 Mei.

“Jujur saja, saya tidak tahu mau menghabiskan liburan seperti apa,” ujar pekerja di sektor keuangan Seishu Sato (31). Dia menyebut spot wisata sudah dipastikan ramai dan mahal di musim liburan.

Baca juga : Masih Ada Oknum BPN Palak Warga Yang Urus Sertipikat

“Ujung-ujungnya saya akan menghabiskan liburan di rumah orang tua,” lanjutnya.

Dilansir Reuters, dalam poling Harian Asahi Shimbun 45 persen warga Jepang ‘tidak senang’ de- ngan libur panjang. Hanya 35 per- sen saja yang merasa ‘senang.’

“Saya tidak libur. Malah, kami akan sangat sibuk,” ujar seorang pelayan restoran pizza, Takeru Jo (46).

Baca juga : Merapi 7 Kali Luncurkan Awanpanas Guguran

Mereka yang tetap bekerja di masa libur panjang mengeluhkan jasa penitipan anak. “Bagi orang tua tetap bekerja dan menggunakan jasa penitipan anak, libur panjang ini menjadi masalah. Jasa penitipan anak banyak yang tutup,” ujar seorang orang tua di Tokyo.

Para travel agen merasa senang dengan libur panjang ini, karena ada warga Jepang yang menghabiskan liburan ke luar negeri.

"Paket wisata untuk masa liburan sudah habis terjual sejak tahun lalu," jelas Hideki Wakamatsu dari Agen Perjalanan Nippon Travel.

Baca juga : Warga Rangkasbitung Kebingungan Cari Rumah

Kaisar Akihito bakal menjadi kaisar pertama yang turun takhta di Jepang sejak 200 tahun terakhir. Memberi jalan bagi putranya Naruhito untuk berkuasa pada 1 Mei nanti. Pemerintah Jepang pun pada Senin (1/4) mengumumkan era baru Naruhito ketika dia bertahta. Yakni Reiwa yang berarti zaman penuh harmoni.[DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.