Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Menlu Korsel Sowan Ke Jakarta, Bahas Peningkatan Kerja Sama

Sabtu, 6 April 2019 08:22 WIB
Menlu Retno Marsudi (kiri) dan Menlu Korsel Kang Kyung-wha akan kembali bertemu, di Jakarta, Senin (8/4). (Foto : Istimewa).
Menlu Retno Marsudi (kiri) dan Menlu Korsel Kang Kyung-wha akan kembali bertemu, di Jakarta, Senin (8/4). (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Luar Negeri (Menlu) Korea Selatan (Korsel) Kang Kyung-wha akan bertemu rekannya Retno Marsudi, di Jakarta, Senin (8/4).

Kedua menlu perempuan ini akan melakukan sejumlah pertemuan dan diskusi terkait hubungan kedua negara.

Baca juga : Menteri Jonan: Volume Jargas Akan Terus Ditambah

Menurut Direktur Jenderal Asia dan Pasifik Kementerian Luar Negeri Indonesia, Desra Percaya, kedua menlu akan membahas kelanjutan peningkatan status hubungan kedua negara, setelah sebelumnya menjalin special strategic partnership pada November 2017.

“Banyak pembahasan, mulai dari kerja sama ekonomi perdagangan dan investasi, industri strategis, ketenagakerjaan sampai perlindungan pekerja migran Indonesia,” jelas Desra.

Baca juga : Migrant Care Desak Capres Bahas Perlindungan Pekerja Migran

Hingga Februari ini, ada 42 ribu WNI bermukim di Korea Selatan. 36 ribu orang di antaranya adalah pekerja migran. “Dilihat dari jumlahnya, perlu untuk meningkatkan perlindungan WNI,” terang Desra.

Pertemuan kali ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Presiden Joko Widodo ke Korea Selatan pada September 2018.

Baca juga : Catat, Batas Pelaporan SPT Diperpanjang Satu Hari

Saat kunjungan tersebut, Indonesia mengantongi 15 Nota Kesepahaman dan enam komitmen investasi senilai total 6,2 miliar dolar AS. Menlu Retno dan Menlu Kang akan bersama membahas proses perkembangan negosiasi Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Korea.

Pemerintah Indonesia menargetkan hubungan perdagangan mencapai 30 miliar dolar AS pada 2022. Kedua menlu ini juga akan mengadakan acara diskusi terbuka berjudul ‘Millenial Talk with Madam Secretaries’ di Kemlu, pada Senin siang (8/4). [DAY

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.