Dark/Light Mode

Duta Besar Indonesia Untuk Selandia Baru Tantowi Yahya

Jadi Wakil Pemerintah Untuk Kepulauan Cook

Sabtu, 6 Maret 2021 07:40 WIB
Duta Besar Tantowi Yahya menyerahkan Surat Kepercayaan dari Presiden Joko Widodo kepada Wakil Ratu Inggris di Kepulauan Cook, Sir Tom Marsters, yang diwakili Komisioner Tinggi Kepulauan Cook, Elizabeth Wright-Koteka, kemarin. (Foto : DOK KBRI Wellington).
Duta Besar Tantowi Yahya menyerahkan Surat Kepercayaan dari Presiden Joko Widodo kepada Wakil Ratu Inggris di Kepulauan Cook, Sir Tom Marsters, yang diwakili Komisioner Tinggi Kepulauan Cook, Elizabeth Wright-Koteka, kemarin. (Foto : DOK KBRI Wellington).

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia Tantowi Yahya secara resmi menjadi wakil Pemerintah Indonesia yang pertama untuk Cook Islands atau Kepulauan Cook. Peresmian tersebut ditandai dengan penyerahan surat kepercayaan dari Presiden Joko Widodo kepada Wakil Ratu Inggris di Kepulauan Cook, Sir Tom Marsters.

Penyerahan surat kepercayaan ini dilakukan secara daring (vir­tual) pada 5 Maret 2021 (atau tanggal 4 Maret 2021 waktu Kepulauan Cook) di kantor Komisi Tinggi Kepulauan Cook di Wellington, Selandia Baru. Acara tersebut diikuti perwakilan Kantor Kepresidenan Indo­nesia dan Kerajaan Inggris.

Memakai peci hitam, Duta Besar Tantowi hadir di Kan­tor Komisi Tinggi Kepulauan Cook. Ia menyerahkan Surat Kepercayaan kepada Sir Tom Marsters yang diwakili Komi­sioner Tinggi Kepulauan Cook, Elizabeth Wright-Koteka.

Baca juga : Teliti Varian Baru Covid-19, Pemerintah Kudu Bangun Sistem Ketahanan Kesehatan

Pada kesempatan itu, Tantowi menyampaikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo ke­pada Sir Tom Marsters.

“Dengan penyerahan surat ke­percayaan ini, kami berharap hubungan Indonesia dan Kepulauan Cook semakin kuat. Khususnya kerja sama di bidang perdagangan, pariwisata, sosial dan budaya,” kata Dubes Tantowi.

Dia menegaskan, Pemerintah Indonesia siap untuk memberi­kan bantuan pembangunan ke­pada Kepulauan Cook. Karena, Pemerintah Indonesia mem­percayai te maata i taau ka oronga ko te maata rai ia i taau ka rauka, semakin banyak kita memberi, semakin banyak yang akan kita terima,” lanjut Dubes Tantowi.

Baca juga : Promosikan Pariwisata Bali Lewat Film

Selain hubungan diploma­tik, lanjut Tantowi, Indonesia juga akan memperkuat hubungan people-to-people.

Kepulauan Cook saat ini masih menutup perbatasan dari pendatang. Sebagai salah satu negara yang masih bebas dari kasus Covid-19, negara dengan Ibu Kota Rarotonga ini terkenal ketat dalam pengawasan atas Covid-19.

Kepulauan Cook merupakan negara kepulauan di wilayah Pasifik Selatan yang berpen­duduk sekitar 17 ribu orang. Pemasukan negara terbesarnya, berasal dari sektor pariwisata. Jumlah wisatawan dalam seta­hun bisa 10 kali lipat dari pen­duduk Kepulauan Cook. Ada 200 Warga Negara Indonesia tinggal di Cook. Sebagian besar bekerja di sektor pariwisata. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.