Dark/Light Mode

Yakin Aman Dan Efektif, Negara-negara Eropa Mulai Pakai Lagi AstraZeneca

Jumat, 19 Maret 2021 11:54 WIB
Yakin Aman Dan Efektif, Negara-negara Eropa Mulai Pakai Lagi AstraZeneca

RM.id  Rakyat Merdeka - Jerman, Prancis, dan negara Eropa lainnya mengumumkan akan kembali menggunakan vaksin Covid-19 AstraZeneca pada Kamis (18/3/2021). Dilansir Reuters, Jumat (19/3/2021), langkah itu diambil setelah regulator Uni Eropa dan Inggris meningkatkan kepercayaan mereka dengan mengatakan manfaat yang lebih besar dari pada risiko soal masalah pembekuan darah.

Laporan tentang pembekuan darah di otak mendorong banyak negara untuk menghentikan penggunaan vaksin AstraZeneca, yang memiliki ambisi memproduksi "vaksin untuk dunia". Namun selanjutnya, Badan Obat Eropa (EMA) melakukan penyelidikan terhadap 30 kasus kelainan darah penerima vaksin Covid-19.

Baca juga : Setelah 4 Negara, Rumania Stop Sementara Vaksinasi AstraZeneca

Dari penelitian itu, EMA menyimpulkan, vaksin AstraZeneca dapat melindungi masyarakat dari kematian dan risiko rawat inap terkait dengan virus Corona. “Ini adalah vaksin yang aman dan efektif, jika itu saya, saya akan divaksinasi besok," kata Direktur EMA Emer Cooke dalam jumpa pers.

Tak lama setelahnya, Jerman mengatakan akan melanjutkan pemberian vaksin AstraZeneca mulai Jumat pagi waktu setempat (19/3/2021). Menteri Kesehatan Jens Spahn mengatakan, penangguhan pemberian vaksin adalah bentuk kehati-hatian.

Baca juga : Vaksinasi Atlet Dan Pelatih Dimulai Pada Jumat

Prancis juga mengatakan akan melanjutkan penggunaan vaksin, dengan Perdana Menteri Jean Castex akan menerima suntikan vaksin Covid-19 AstraZeneca pada Jumat petang waktu setempat.[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.