Dark/Light Mode

Silaturahmi Lebaran Di Italia

Tak Hanya Di KBRI, Shalat Id Digelar Di Masjid Besar Roma

Jumat, 14 Mei 2021 13:26 WIB
Silaturahmi Lebaran Di Italia Tak Hanya Di KBRI, Shalat Id Digelar Di Masjid Besar Roma

RM.id  Rakyat Merdeka - KBRI Roma pada Kamis, 13 Mei 2021, menyelenggarakan kegiatan Idul Fitri 1 Syawal 1442 H berupa penyelenggaraan shalat Id serta silaturahmi Lebaran.

Rangkaian kegiatan diawali dengan takbiran bersama di Wisma Duta KBRI Roma pada pukul 08.00, diikuti Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Italia,  Esti Andayani berserta staf dan keluarga dalam jumlah terbatas.

Setelah takbiran, para peserta melakukan shalat dengan imam Kolonel (E) Wachyad (Atase Pertahanan/ Athan) dan mendengarkan khutbah disampaikan Danang Waskito (Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Roma).

Dalam khutbahnya, khatib menggarisbawahi pentingnya mengambil hikmah, ibroh dan pelajaran Ramadan dikaitkan dengan refleksi peristiwa pandemi Covid-19.

"Berbagai peristiwa itu telah memberikan kita hikmah dan pelajaran, antara lain: pentingnya kesabaran, ketakwaan, gigih berusaha, ketawakalan, hidup bersih dan sehat, serta pentingnya persatuan dan kesatuan, memperkuat silaturahmi serta saling tolong menolong dalam menghadapi dinamika kehidupan," jelasnya.

Baca juga : Puan Maharani Shalat Idul Fitri Di Rumah Dinas Ketua DPR

"Musibah yang kita hadapi telah memberikan tantangan sekaligus kesempatan kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik," jelas khatib.

"Pengalaman masa pandemi dan hikmah Ramadan serta Idul Fitri, semestinya mampu menggembleng seorang Muslim untuk menjadi pribadi seorang pemenang, untuk terus meningkatkan kualitas keimanan, ibadah dan muamalahnya," tuturnya.

Setelah kegiatan shalat Idul Fitri, Dubes Esti Andayani juga melakukan silaturahmi dengan para staf KBRI Roma beserta keluarga, dengan perserta terbatas. Hadir pula dalam acara silaturahmi Idul Fitri tersebut Dubes RI untuk Takhta Suci Vatikan, L amrih Jinangkung  bersama istri, Bertha, beserta para staf KBRI Vatikan dan keluarga.

Pandemi Covid-19 tidak mengurangi keakraban para tamu KBRI Roma. Protokol kesehatan dan keamanan tetap diberlakukan dalam rangkaian acara dimaksud. Peserta yang datang ke KBRI Roma menjalani pemeriksaan suhu tubuh, mencuci tangan dengan hand sanitizer, menggunakan masker saat kegiatan, dan pengaturan jarak shaf (barisan) shalat.

Kegiatan silaturahmi dilakukan dengan mengatur alur kedatangan staf beserta keluarga secara bergantian, dengan tetap memperhatikan jumlah peserta dalam ruangan.

Baca juga : Partai Gelora Sesalkan Dirut Kimia Farma Tak Minta Maaf Dalam Kasus Rapid Tes Bekas

Meski tak berjabat tangan, semuanya saling bermaafan dan mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan.

Sebagai bagian dari penyebaran informasi dan penguatan rasa persatuan dan kesatuan kebangsaan bagi warga negara Indonesia serta diaspora Indonesia di negara akreditasi, rangkaian kegiatan Idul Fitri tersebut juga disiarkan secara daring pada media sosial KBRI Roma.

Saat ini, situasi dan kondisi penanganan Covid-19 di Italia semakin baik, dan sebagian besar wilayah Italia berada pada kategori "wilayah kuning", dari empat kategori wilayah infeksi Covid-19, yaitu: merah, oranye, kuning dan putih.

Beberapa restriksi termasuk perjalanan antar wilayah dan penyelenggaraan kegiatan juga sudah mulai dilonggarkan, meskipun tetap diminta untuk memperhatikan protokol kesehatan.

Dalam kaitan ini pula, KBRI Roma telah menyelenggarakan berbagai kegiatan Ramadan virtual dalam program Rahmah (Ramadhan Penuh Berkah).

Baca juga : Pemerintah Larang WNA Yang Sempat Ke India Masuk Indonesia

Kegiatan tersebut antara lain: Kabari (Kajian Bersama KBRI) berlangsung tiga kali seminggu, kajian dan tadarus Muslimah, pelatihan membaca Alquran untuk anak dan remaja. Khata Alquran online dan lainnya. 

Masjid Besar Roma (Grand Mosqee Roma) dan beberapa masjid di beberapa kota Italia lainnya, juga telah menyelenggarakan kegiatan shalat Idul Fitri, namun dengan jumlah jamaah yang terbatas dan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.