Dark/Light Mode

Dimaki Di Luar, Disuka Di Dalam

Suu Kyi Menang Besar

Sabtu, 14 November 2020 07:49 WIB
Pendukung Aung San Suu Kyi merayakan kemenangan di pinggir Kota Yangoon. (Foto: AFP)
Pendukung Aung San Suu Kyi merayakan kemenangan di pinggir Kota Yangoon. (Foto: AFP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Aung San Suu Kyi, Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD), menang besar di Parlemen Myanmar. Namun, Partai Pembangunan dan Solidaritas Persatuan (USDP) yang didukung militer, mendesak pemilu ulang.

Selain itu, USDP menuntut bahwa pemilihan ulang harus didampingi militer. Pasalnya, langkah ini bisa membuat pemi lihan berjalan dengan lebih bebas, adil dan tidak bias. Dari perhitungan suara sementara, NLD berhasil mengantongi lebih dari 50 persen kursi.

Baca juga : Kabar Duka, Aa Gatot Brajamusti Meninggal Dunia

Sejauh ini, NLD telah menda patkan 346 kursi di parlemen. Lebih dari 322 kursi yang diperlukan untuk membentuk pemerintahan. Sedangkan USDP hanya meraup 24 kursi dalam Pemilu 8 November lalu.

Menurut Badan Penghitungan Suara Nasional Myanmar, kemarin, suara NLD sudah jauh dari cukup untuk membentuk pemerintahan tanpa koalisi. Namun USDP mengajukan ke beratan pada Rabu (11/11).

Baca juga : Tangani Covid-19, Kemenkes Distribusikan APD Ke Seluruh Indonesia

Mereka menuntut menyelengga rakan pemilu yang bebas, tidak memihak dan bebas dari kampanye yang tidak adil. “Akan selalu ada beberapa orang yang mengatakan itu tidak adil. (Tetapi) mereka harus menunjukkan bukti atas tuduhan mereka,” kata Juru Bicara NLD, Myo Nyunt.

Kemenangan Suu Kyi datang di tengah banyaknya kabar buruk mengenai pemerintahan di bawah kepemimpinan de facto nya selama periode pertama.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.