Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Ini, 6 Pangkalan Udara Israel Target Serangan Rudal Palestina

Rabu, 19 Mei 2021 19:40 WIB
Sebuah rumah di kota pesisir selatan Ashkelon, Israel, yang juga terkena serangan roket yang ditembakkan dari Jalur Gaza. [Foto ilustrasi: Edi Israel / Flash90]
Sebuah rumah di kota pesisir selatan Ashkelon, Israel, yang juga terkena serangan roket yang ditembakkan dari Jalur Gaza. [Foto ilustrasi: Edi Israel / Flash90]

RM.id  Rakyat Merdeka - Kelompok perlawanan Palestina menyerang setidaknya enam pangkalan udara penting rezim Zionis Israel di sejumlah lokasi di wilayah pendudukan, selain juga beberapa pangkalan militer darat. Serangan ini pun cukup mengejutkan bagi Israel.

Dikutip situs Arabi 21, Rabu (19/5/2021), Brigade Ezzedine Al Qassam, sayap militer Hamas, Selasa malam mengumumkan telah menyerang sejumlah pangkalan udara Israel di hari ke-9 agresi militer Zionis ke Jalur Gaza.

Brigade Al Qassam mengatakan, serangan itu dilakukan sebagai balasan atas berlanjutnya bombardir wilayah-wilayah selatan Jalur Gaza oleh militer Israel.

Baca juga : Setelah 6 Bulan, Akhirnya Dubes Jose Tavares Bertemu Putin

Sayap militer Hamas mengklaim, secara akurat menyerang enam pangkalan udara Israel yaitu, Hatzor, Hatzerim, Nevatim, Tel Nof, Palmachim, dan Ramon.

Pangkalan udara Ramon merupakan salah satu pangkalan udara paling strategis milik Israel yang terletak di perbatasan Mesir dan berjarak 30 kilometer dari Gaza.

Sementara pangkalan udara Hatzor, terletak di pesisir pantai Laut Mediterania, dan berhadapan dengan kota Al Quds.

Baca juga : Hoax, BI Blokir Transfer Dana Ke Bank Palestina

Selanjutnya pangkalan udara Hatzerim, yang terletak di kota Beersheba. Jet-jet tempur yang berada di pangkalan ini biasanya digunakan untuk menyerang Gaza. Pangkalan udara Nevatim terletak di kota Beersheba dan merupakan lokasi skuadron jet tempur F-35, dan berjarak sekitar 70 kilometer dari Gaza.

Setelah itu pangkalan udara Tel Nof yang terletak di timur laut Tel Aviv dan lokasi skadron 210 Angkatan Udara Israel, yang meliputi drone, berjarak sekitar 45 kilometer dari Gaza.

Sedangkan pangkalan Palmachim, merupakan pangkalan antariksa dan militer yang terletak di timur Tel Aviv. Pesawat yang ditempatkan di pangkalan ini kebanyakan helikopter dan drone. [RSM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.