Dewan Pers

Dark/Light Mode

Pakai Aplikasi, Skriningnya Ketat

Vaksinasi AstraZeneca Di Malaysia Jalan Terus

Kamis, 20 Mei 2021 23:12 WIB
Ilustrasi vaksin Covid AstraZeneca (Foto: Reuters)
Ilustrasi vaksin Covid AstraZeneca (Foto: Reuters)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Malaysia tetap melanjutkan program vaksinasi Covid AstraZeneca, di saat Indonesia menyetop penggunaan vaksin tersebut untuk batch CTMAV547 untuk sementara.

Seperti dilansir Antara, hari ini, ratusan orang antre untuk mendapatkan vaksin AstraZeneca dengan pengawalan dari Tentara Diraja Malaysia (TDM) dan Relawan Malaysia (Rela).

Pemerintah setempat memusatkan pelaksanaan vaksinasi di empat lokasi yakni di Pusat Pemberian Vaksin (PPV) Universitas Malaya, PPV Universitas Kebangsaan Malaysia, PPV IDCC Shah Alam dan PPV di WTC Kuala Lumpur.

Berita Terkait : Jakarta Jadi Provinsi Dengan Kepatuhan Prokes Terendah Di Tempat Wisata

Pelaksanaan vaksinasi dimulai sejak 5 Mei lalu, dengan peninjauan langsung oleh Menteri Sains dan Teknologi Malaysia, Khairy Jamalludin.

Malaysia telah menerima 268.800 dosis vaksin AstraZeneca melalui skema Covax Facility pada 24 April 2021.

Pendaftaran vaksinasi AstraZeneca dibuka secara sukarela untuk warga negara setempat dan warga negara asing, dengan prinsip siapa yang cepat dia yang akan mendapatkan pelayanan.

Berita Terkait : Besok, Sinar Mas Gelar Vaksinasi Gotong Royong

Bila pada hari pertama pelaksanaan vaksinasi hanya menggunakan satu lantai di Gedung WTC maka pada hari ke empat menggunakan tiga lantai di gedung yang menyatu dengan Gedung UMNO (United Malaysia National Organisation), partai yang berkoalisi ke pemerintah.

Pengaturan peserta juga lebih rapi dan tertib. Hanya mereka yang sudah terdaftar melalui aplikasi MySejahtera saja, yang bisa dilayani.

Sebelum divaksin, peserta harus menunjukkan profilnya di aplikasi. Kalau warnanya biru, berarti risiko rendah. Vaksinasi bisa dilanjutkan. Sedangkan yang warna merah atau kuning, berisiko tinggi dan tidak bisa melanjutkan.

Berita Terkait : Efektivitas Vaksin AstraZeneca Dan Pfizer, Ternyata Cuma Beda Tipis

Selain itu, panitia juga menyediakan ruangan konsultasi sebelum pelaksanaan vaksinasi. Mereka yang diketahui mempunyai riwayat penyakit seperti alergi obat, disarankan pergi ke klinik pemerintah terlebih dahulu. [HES]