Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jelang Gencatan Senjata, Hamas Siapkan Serangan Total

Jumat, 21 Mei 2021 19:14 WIB
Anggota Brigade Al-Qassam, sayap bersenjata Hamas di Kota Gaza. [Foto: Mahmud Hams / Agence France-Presse]
Anggota Brigade Al-Qassam, sayap bersenjata Hamas di Kota Gaza. [Foto: Mahmud Hams / Agence France-Presse]

RM.id  Rakyat Merdeka - Brigade Al-Qassam sebenarnya telah menyiapkan serangan roket, mencakup seluruh wilayah Palestina yang diduduki Israel, dari kota Haifa di utara hingga Ramon di selatan. Karena adanya gencatan senjata, rencana serangan itu pun ditangguhkan.

Hal ini diungkap Juru bicara Brigade Al-Qassam, Abu Ubaidah. Kelompok perlawanan, ujarnya, menyetujui gencatan senjata hanya untuk memantau perilaku rezim Zionis. Jika Israel berani kembali menyerang, kelompok perlawanan Palestina punya lebih banyak hal untuk melawan.

Baca juga : Gencatan Senjata Israel Dan Hamas, Gelora Harap Kedua Pihak Konsisten

"Para pemimpin Zionis sedang dalam ujian nyata. Keputusan melanjutkan serangan roket ke seluruh wilayah pendudukan ada di atas meja," tegasnya, menanggapi pengumuman gencatan senjata pada Jumat (21/5/2021) dini hari, seperti dilaporkan televisi Al-Mayadeen, Lebanon.

Brigade Al-Qassam atau dengan berbagai varian penulisannya seperti Brigade Izz ad-Din al-Qassam, Batalyon Martir Izz ad-Din al-Qassam (Battalions of martyr Izz ad-Din al-Qassam) sering disingkat menjadi IQB atau Brigade Al-Qassam), juga dieja dengan Izzedine atau Ezzedeen Al-Qassam Brigades (EQB), adalah sayap militer organisasi Palestina, Hamas.

Baca juga : Bamsoet Sambut Baik Gencatan Senjata Hamas-Israel

Brigade ini dibentuk pada pertengahan 1991, diambil dari nama Izz ad-Din Abd al-Qadar ibn Mustafa ibn Yusuf ibn Muhammad al-Qassam (meninggal pada 20 November 1935), seorang ulama Suriah, dan pemimpin dalam perjuangan lokal melawan pemerintahan Inggris dan Prancis di Syam (Suriah), dan lawan militan bagi Zionisme pada 1920-an dan 1930-an.

Dari 1994 hingga 2000, Brigade Al-Qassam mengaku bertanggung jawab atas sejumlah serangan terhadap Israel.

Baca juga : Jihad Islam Palestina: Perlawanan dan Jihad Tetap Berlanjut

Pada awal Intifadah Kedua, kelompok itu menjadi sasaran utama Israel. Kekuatan kelompok dan kemampuannya untuk melakukan serangan yang kompleks dan mematikan mengejutkan banyak pengamat.

Intifada adalah gerakan perlawanan secara kolektif dan massal oleh rakyat Palesina terhadap Israel.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.