Dark/Light Mode

Pemilu Ukraina, Komedian Menang Telak

Senin, 22 April 2019 12:50 WIB
Volodymyr Zelenzkiy
Volodymyr Zelenzkiy

RM.id  Rakyat Merdeka - Volodymyr Zelenskiy, aktor televisi berusia 41 tahun, menang telak dalam pemilihan presiden Ukraina pada Minggu, 21 April waktu setempat. Dilansir VOA dan Reuters, hasil exit poll menunjukkan dia meraih 73 persen suara pada putaran final. Hasil itu hampir tiga kali lebih banyak dari pesaingnya, presiden petahana Petro Poroshenko. Poroshenko sudah mengucapkan selamat kepada Zelenskiy.

"Saya akan meninggalkan jabatan, tetapi saya ingin mengumumkan dengan tegas: Saya tidak akan meninggalkan politik," kata Poroshenko.

Baca juga : Pemilu Lancar, KH Maruf Amin Gelar Syukuran

Zelenskiy bersiap-siap mengambil alih kepemimpinan Ukraina pada saat negara-negara Barat menghadapi kebuntuan dengan Rusia soal pencaplokan Krimea dan dukungan atas pemberontakan pro-Rusia di Ukraina timur oleh Moskow. Zelenskiy berjanji melanjutkan Ukraina yang pro-Barat, lima tahun setelah Krimea bergabung ke Rusia pascareferendum.

Ketua Dewan Eropa Donald Trusk telah menyampaikan ucapan selamat kepada Zelenskiy. Ucapan selamat juga datang dari Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Menteri Luar Negeri Inggris Jeremy Hunt.

Baca juga : Raup 81,88 Persen Suara, Jokowi-Maruf Menang Telak di Timor Leste

Kritikus menyorot hubungan Zelenskiy dengan penguasa oligarki di pengasingan Ihor Kolomoisky, yang dituduh melakukan penipuan bank dan pemilik stasiun televisi +1 +1 yang menyiarkan acaranya. Komedian yang berperan sebagai presiden dalam acara televisi itu menjabat presiden dalam dunia nyata. Ini adalah langkah besar menuju politik yang merupakan indikasi betapa putus asa orang Ukraina terhadap perubahan.

Zelenskiy memanfaatkan kampanye di media sosial. Dia juga memanfaatkan gelombang kemarahan publik terhadap politik lama Ukraina: kronisme dan korupsi. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.