Dark/Light Mode

Qatar Sawer Dana Rp 7,1 Triliun

Hamas Janji Nggak Korup Bantuan Buat Warga Gaza

Jumat, 28 Mei 2021 05:10 WIB
Mohammed bin Abdulrahman Al Thani. (Foto : Istimewa).
Mohammed bin Abdulrahman Al Thani. (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
Teknisnya, Amerika Serikat akan bekerja sama dengan Otoritas Palestina (PA), yang dipimpin Presiden Mahmoud Abbas. Hal ini AS lakukan untuk mengurangi risiko bantuan-bantuan tersebut bakal mem­perkuat Hamas. Sebab, AS dan Uni Eropa, sebagaimana juga Israel, mencap Hamas sebagai organisasi teroris.

Pertempuran antara Hamas dan Israel selama 11 hari menewaskan 254 warga Palestina di Gaza, ter­masuk 66 anak. Lebih dari 1.900 orang di Gaza mengalami luka-luka akibat gempuran Israel.

Baca juga : Soal Pertanyaan TWK, Pimpinan KPK: Kami Nggak Tahu Dan Nggak Mau Tahu!

Di kubu Israel dilaporkan 12 orang tewas, termasuk satu anak, seorang remaja Arab-Israel, seorang warga India dan dua pekerja asal Thailand. Sekitar 357 orang lainnya di Israel mengalami luka-luka.

Upaya-upaya diplomatik sedang dilakukan untuk memperkuat kesepakatan gencatan senjata yang dimediasi Mesir itu.

Baca juga : Niat Biden Jual Senjata Rp 10 Triliun Ke Israel, Terganjal Kongres

Pekan lalu, Mesir juga mengumumkan bantuan sebesar 500 juta dolar AS untuk Gaza. Se­mentara AS pekan ini menjan­jikan bantuan sebesar 75 juta dolar AS (Rp 1 triliun) untuk pembangunan kembali Gaza.

AS juga menjanjikan 5,5 juta dolar AS (Rp 78,7 miliar) sebagai bantuan bencana darurat untuk Gaza dan sekitar 32 juta dolar AS (Rp 458 miliar) buat organisasi Badan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk pengungsi Palestina (UNRWA). [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.