Dark/Light Mode

Qatar Sawer Dana Rp 7,1 Triliun

Hamas Janji Nggak Korup Bantuan Buat Warga Gaza

Jumat, 28 Mei 2021 05:10 WIB
Mohammed bin Abdulrahman Al Thani. (Foto : Istimewa).
Mohammed bin Abdulrahman Al Thani. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Qatar menggelontorkan bantuan sebesar 500 juta dolar AS atau sekitar Rp 7,1 triliun untuk membangun kembali Jalur Gaza. Pemerintahan Hamas pun berjanji akan memastikan dana bantuan itu sepenuhnya untuk rekonstruksi.

Menteri Luar Negeri Qa­tar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani mengumumkan bantuan itu via akun sosial media Twitter.

Baca juga : Soal Pertanyaan TWK, Pimpinan KPK: Kami Nggak Tahu Dan Nggak Mau Tahu!

“Qatar mengumumkan 500 juta dolar AS sebagai dukungan untuk pembangunan kembali Gaza,” sebut Sheikh Moham­med dalam pernyataannya diku­tip AFP, Kamis (27/5).

Qatar merupakan salah satu pendukung utama kelompok Hamas, yang menguasai Gaza. Gencatan senjata disepakati Hamas dan Israel, pekan lalu, setelah terjadi pertempuran sengit selama 11 hari sejak 10 Mei. Kawasan Jalur Gaza luluh lantak setelah digempur pasukan Israel selama 11 hari.

Baca juga : Niat Biden Jual Senjata Rp 10 Triliun Ke Israel, Terganjal Kongres

Sebagai kelompok yang menguasai Gaza, Hamas memasti­kan tidak akan menyelewengkan bantuan internasional untuk membangun kembali Jalur Gaza. “Saya menegaskan komitmen kami untuk tidak mengambil satu sen pun dana yang dimaksudkan untuk rekonstruksi dan upaya ke­manusiaan,” janji Kepala Sayap Politik Hamas, Yahya Sinwar.

Dia menjanjikan distribusi bantuan yang transparan dan tidak memihak. “Kami tidak pernah mengambil satu sen pun di masa lalu,” tuturnya.

Baca juga : Jelang Lebaran, Minamas Plantation Dan Forwatan Beri Bantuan Untuk Masyarakat

Pernyataan Sinwar datang se­hari setelah Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken menjanjikan bantuan negaranya dalam membangun kembali Gaza, Selasa (25/5). Namun Blinken menekankan, bantuan itu tidak boleh mengun­tungkan Hamas.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.