Hasil Rekapitulasi KPU
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

120 Juta Derajat Dalam 101 Detik, Panas Matahari Buatan China Tiga Kali Lebih Kuat Dari Matahari Asli

Sabtu, 29 Mei 2021 14:43 WIB
Experimental Advanced Superconducting Tokamak (EAST), reaktor fusi nuklir futuristik di Provinsi Anhui, China. (Foto Xinhua)

RM.id  Rakyat Merdeka - China berhasil membuat matahari buatan yang diklaim tiga kali lebih panas dari matahari asli. Bintang buatan Negeri Panda ini menghasilkan listrik yang dapat membantu memecahkan krisis energi global saat ini.

Dikutip Xinhua, Jumat (28/5/2021), terobosan ini diciptakan sejumlah ilmuwan dari Hefei Institute of Physical Science of the Chinese Academy of Science. Matahari buatan tersebut memanfaatkan energi fusi nuklir.

Pencapaian rekor tersebut diumumkan pada Jumat (28/5/2021) oleh Gong Xianzu, peneliti di seorang peneliti di Experimental Advanced Superconducting Tokamak (EAST) atau  Matahari Buatan China, di Hefei Institutes of Physical Science of the Chinese Academy of Sciences di Provinsi Anhui, China.

Baca juga : Alhamdulilah, Vaksin Covid-19 Tiba Lagi Lebih Dari 3,8 Juta Dosis

Perangkat tersebut, yang mereplikasi proses pembentukan atom yang terjadi di pusat bintang dan memberi mereka luminositas dan kehangatan, menahan plasma pada suhu 120 juta derajat Celcius selama 101 detik dan bahkan pada suhu yang lebih panas 160 juta derajat Celcius untuk 20 detik lagi.

Suhu konstan berikutnya bisa mempertahankan panas sebesar 50 juta derajat Celcius atau tiga kali lebih panas dari inti matahari yang panasnya hanya sebesar 15 juta derajat Celcius.

Li Miao, direktur departemen fisika Southern University of Science and Technology di Shenzhen, mengatakan, terobosan ini adalah kemajuan yang signifikan, dan tujuan akhirnya adalah menjaga suhu pada tingkat yang stabil untuk waktu yang lama.