Dark/Light Mode

Bakal Jadi Capres Filipina

Pacman Pasang Kuda-kuda Siap Jegal Loyalis Duterte

Jumat, 4 Juni 2021 05:18 WIB
Petinju legendaria Filipina. Many Pacquiao (kanan) dikabarkan akan maju menjadi calon Presiden Filipina dalam Pilpres 2022 untuk menantang calon petahana Presiden Rodrigo Duterte. (Foto : Philippine Presidential Photo).
Petinju legendaria Filipina. Many Pacquiao (kanan) dikabarkan akan maju menjadi calon Presiden Filipina dalam Pilpres 2022 untuk menantang calon petahana Presiden Rodrigo Duterte. (Foto : Philippine Presidential Photo).

 Sebelumnya 
Pacquiao yang akan men­calonkan diri sebagai presiden untuk pertama kalinya meng­hadapi persaingan ketat untuk mendapatkan dukungan Duterte menjelang pemilihan Mei 2022.

Kandidat calon lainnya ada­lah putri Duterte, Sara Duterte, serta ajudannya, Senator Christopher “Bong” Go dan Ferdi­nand “Bongbong” Marcos Jr, yang merupakan putra mantan diktator Filipina, Ferdinand Em­manuel Edralin Marcos Sr.

Baca juga : Panasnya Rivalitas Striker Prancis...

Namun karena kekuatan dan kekayaan Pacquiao, dia mung­kin menjadi satu-satunya kandi­dat yang dapat melakukan kam­panye independen jika Duterte mendukung orang lain.

Mengingat keduanya berasal dari Filipina Selatan, persaingan antara kubu mereka berisiko me­mecah suara dan membuka pintu bagi tokoh-tokoh oposisi untuk mengambil kursi kepresidenan.

Baca juga : Menteri PUPR Minta Pekerjaan KIT Batang Berdayakan Tenaga Lokal

“Pacquiao sebenarnya bisa menang mudah bahkan tanpa restu Duterte. Partai tidak begitu penting dalam pemilihan Filipi­na karena ini tentang individu,” ujar Mumford.

Survei yang dirilis pada April dari Pulse Asia Research Inc -salah satu yang paling kredibel di Filipina menemukan, Sara Du­terte adalah pilihan utama publik untuk menjadi presiden beri­kutnya. Pacquiao berada dalam posisi kedua bersama Marcos Jr., Walikota Manila Isko Moreno dan Senator Grace Poe. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.