Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Filipina Anugerahi Tanda Jasa Tertinggi Untuk Mendiang Dubes Sinyo Sarundajang

Selasa, 15 Juni 2021 23:04 WIB
Dubes Filipina Leehiong T Wee menyerahkan tanda jasa untuk Dubes Sinyo Sarundajang kepada sang istri, Deejutje Sarundajang-Laoh Tambuwun, disaksikan putra putrinya. (Foto KBRI Manila)
Dubes Filipina Leehiong T Wee menyerahkan tanda jasa untuk Dubes Sinyo Sarundajang kepada sang istri, Deejutje Sarundajang-Laoh Tambuwun, disaksikan putra putrinya. (Foto KBRI Manila)

RM.id  Rakyat Merdeka - Filipina menganugerahi tanda jasa 'Sikatuna' kategori 'Grand Cross Datu Katangian Ginto (Gold Distinction)' kepada mendiang Duta Besar RI untuk Filipina, merangkap Republik Kepulauan Marshall dan Republik Palau (2018-2021) Dr Sinyo Harry Sarundajang di Kedutaan Besar Filipina di Jakarta (12/6/2021).

Tanda jasa tersebut sebagai bentuk penghargaan atas jasa dan dedikasi mendiang Dubes Sinyo Sarundajang dalam upaya meningkatkan hubungan bilateral Indonesia dan Filipina selama masa penugasan.

Baca juga : Solidaritas Global Penting Untuk Perang Lawan Covid-19

Atas nama Pemerintah Filipina, Duta Besar Filipina untuk Indonesia Leehiong T. Wee menyerahkan tanda jasa tersebut kepada istri Dubes Sinyo Sarundajang, Deejutje Sarundajang-Laoh Tambuwun, dengan disaksikan putra putrinya. 

"Penyerahan tanda jasa tersebut dilakukan bertepatan dengan peringatan kemerdekaan Filipina ke-123," pernyataan pers KBRI Manila

Baca juga : Enam Bulan Tanpa Kasus Baru, Ini Jurus Selandia Baru Lawan Covid

Mengutip pernyataan Presiden Rodrigo Duterte, Dubes Leehiong T. Wee memuji jasa dan dedikasi almarhum dalam kerja sama bilateral RI-Filipina di bidang maritim, konektivitas laut dan udara, serta perdagangan, pariwisata dan investasi.

"Disebutkan pula kerja sama di bidang pemberantasan terorisme dan pencucian uang serta kerja sama industri pertahanan berhasil dilaksanakan dengan baik semasa penugasannya di Manila," bunyi pernyataan itu lagi.

Baca juga : PUPR Siapkan Tenaga Kerja Handal Untuk Bangun Rumah Subsidi

Vanda Sarundajang mewakili keluarga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan rakyat Filipina, khusunya Presiden Filipina Rodrigo Roa Duterte atas penganugerahan dimaksud sebagai sebuah kehormatan dan kenangan tidak ternilai bagi mendiang dan keluarga.

Penghargaan Sikatuna diinisiasi sejak 1953 (era Presiden Elpido Quirino). Tanda jasa ini diberikan kepada individu yang berjasa bagi Filipina, serta diberikan kepada kepala negara/kepala pemerintahan, diplomat dan WNA. Tercatat Presiden Soeharto dan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono merupakan penerima penghargaan tersebut.[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.