Dark/Light Mode

AS Dituding Gagal Di Afghanistan, Kepergiannya Sisakan Bencana

Selasa, 22 Juni 2021 17:22 WIB
Mantan Presiden Afghanistan Hamid Karzai. (Foto Associated Press)
Mantan Presiden Afghanistan Hamid Karzai. (Foto Associated Press)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Presiden Afghanistan, Hamid Karzai menuding, operasi Amerika Serikat (AS) selama dua dekade di Afghanistan telah gagal total. Tak hanya itu, ia menyebut kepergian pasukan AS nanti, bakal meninggalkan bencana di negaranya yang dilanda perang.

“Komunitas internasional datang ke sini 20 tahun yang lalu dengan tujuan yang jelas untuk memerangi ekstremisme dan membangun stabilitas, tetapi hari ini ekstremisme berada pada titik tertinggi. Jadi mereka gagal,” katanya," dalam wawancara dengan Associated Press pada 20 Juni 2021.

Baca juga : Keok Hadapi Taliban, Presiden Afghanistan Sowan Ke Biden

"Warisan mereka adalah negara yang dilanda perang dalam aib dan bencana total,” sambungnya.

Karzai mengakui, tentu yang jelas gagal adalah orang Afghanistan. Namun, ia mempertanyakan tujuan semua kekuatan dan pasukan yang datang ke negaranya.

Baca juga : BBPLK Bandung Gagas Training Kemitraan dengan Perusahaan

“Kami mengakui sebagai orang Afghanistan semua kegagalan kami, tetapi bagaimana dengan pasukan dan kekuatan yang lebih besar yang datang ke sini untuk tujuan itu? Di mana mereka meninggalkan kami sekarang?”
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.