Dark/Light Mode

Duta Besar Indonesia Untuk Argentina Niniek Kun Naryatie

Bersama ACBA, Gelontorkan Ribuan Masker Dan Makanan

Senin, 5 Juli 2021 08:06 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Argentina merangkap Paraguay dan Uruguay Niniek Kun Naryatie. (Foto: Istimewa)
Duta Besar Indonesia untuk Argentina merangkap Paraguay dan Uruguay Niniek Kun Naryatie. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Musim dingin di Buenos Aires diramal bisa mencapai 5 derajat Celsius. Hal ini menimbulkan kewaspadaan baru di Argentina. Banyak dari masyarakat akan menghabiskan waktu di ruang tertutup sehingga lebih rentan terpapar virus.

Sementara mereka yang beraktivitas di luar rumah harus menghadapi cuaca dingin yang bisa menyebabkan infeksi lain seperti flu.

Baca juga : Jajaki Kerja Sama Teknologi Nano dan Pertukaran Peneliti

Direktur Jenderal Hubungan Internasional dan Institusional Provinsi Buenos Aires, Sofia Sternberg mengapresiasi dukungan ACBA. Pemerintah Provinsi Buenos Aires berharap pandemi segera berlalu, agar lebih banyak lagi kegiatan yang dapat disinergikan dengan ACBA, khususnya di bidang ekonomi dan budaya.

Provinsi Buenos Aires menjadi salah satu episentrum Covid-19 di Argentina. Sepertiga kasus harian di Argentina berasal dari provinsi berpenduduk 16 juta jiwa tersebut.

Baca juga : Pameran Wayang Meriahkan Suasana Taman Indonesia

Gelombang kedua pada April-Juni lalu membuat kapasitas rumah sakit mendekati ambang batas. Ekonomi pun ikut lesu. Padahal, Provinsi Buenos Aires adalah penyangga ibu kota dan salah satu lumbung pangan Argentina. Khususnya, produk kedelai dan sapi.

Sebagai informasi, sumbangan untuk Provinsi Buenos Aires merupakan program ter-akhir kepemimpinan Indonesia di ACBA (Januari-Juni 2021). Selanjutnya, tongkat estafet ketua akan dipegang Filipina selama enam bulan ke depan hingga Desember 2021.

Baca juga : Bantu Tangani Diabetes Bersama Novo Nordisk

Sebagai ASEAN Committee on Third Countries and International Organizations, ACBA beranggotakan lima negara ASEAN. Yang memiliki kedutaan besar di Argentina, yakni Filipina, Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Sejumlah program dan kegiatan berhasil dilaksanakan selama kepemimpinan Indonesia di ACBA. Antara lain sumbangan buku kepada Pusdiklat Kemlu Argentina (ISEN), publikasi esai ASEAN, dan webinar Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP). [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.