Dark/Light Mode

Menlu Sergey Lavrov Berharap Presiden Putin Bisa Segera Sambangi Indonesia

Selasa, 6 Juli 2021 12:52 WIB
Menlu Rusia Sergey Lavrov dan Dubes Rusia Lyudmila Vorobieva (tengah) bersama Menlu Retno Marsudi di Kementerian Luar Negeri RI di Pejambon, Jakarta. (Foto Kemlu RI)
Menlu Rusia Sergey Lavrov dan Dubes Rusia Lyudmila Vorobieva (tengah) bersama Menlu Retno Marsudi di Kementerian Luar Negeri RI di Pejambon, Jakarta. (Foto Kemlu RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Rusia Vladimir Putin masih menanti waktu yang tepat untuk mengunjungi Indonesia. Pasalnya, pandemi Covid-19 menghambat niatan Putin bertemu Presiden Joko Widodo di Jakarta. Menteri Luar (Menlu) Negeri Rusia Sergey Lavrov menggodok rencana kunjungan kenegaraan sang presiden dengan koleganya Menlu Retno Marsudi.

Dalam kunjungannya ke Jakarta, Selasa (6/7), Lavrov tidak hanya membahas seputar isu bilateral. Tapi juga membahas rencana kunjungan Presiden Rusia Vladimir Putin ke Indonesia. Sebelumnya Putin dijadwalkan berkunjung ke Indonesia pada 2020, namun tertentunda karena ia masih menangani beragam masalah domestik di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga : Ganjar Imbau Shalat Idul Adha Di Rumah Saja

"Kami terus mendiskusikan persiapan rencana kunjungan Presiden Putin ke Indonesia, sembari menunggu waktu yang tepat untuk mewujudkan lawatan tersebut," ujar Menlu Retno dalam konferensi pers bersama secara virtual, Selasa (6/7).

Kedua menlu berharap kedatangan Putin dapat berujung pada Perjanjian Kemitraan Strategis antara Indonesia dan Rusia. Retno mengatakan bahwa perjanjian kemitraan strategis dapat menciptakan fondasi baru yang kuat dalam meningkatkan hubungan kedua negara ke level selanjutnya.

Baca Juga : Luhut: Kalau Minggu Ini Mobilitas Warga Turun 50 Persen, Kurva Covid-19 Melandai Pekan Depan

Mengenai hubungan bilateral Indonesia-Rusia, kedua Menlu itu menandatangani perjanjian (Rencana Konsultasi) Plan of Consultation periode 2021-2023.

Lavrov menyambut baik harapan Indonesia mengenai rencana kunjungan Putin. Meski tidak menyebutkan tanggal pasti, Lavrov berharap Putin dan Presiden Joko Widodo dapat segera bertemu.

Baca Juga : Petani Bali Akui Mudah Dapatkan Asuransi Pertanian

Sebelumnya, Duta Besar (Dubes) Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva mengatakan, pada akhir 2019, Putin  akan mengunjungi Indonesia dalam rangka merayakan 70 tahun hubungan bilateral Indonesia dan Rusia pada 2020. [DAY]