Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menlu Sergey Lavrov Berharap Presiden Putin Bisa Segera Sambangi Indonesia

Selasa, 6 Juli 2021 12:52 WIB
Menlu Rusia Sergey Lavrov dan Dubes Rusia Lyudmila Vorobieva (tengah) bersama Menlu Retno Marsudi di Kementerian Luar Negeri RI di Pejambon, Jakarta. (Foto Kemlu RI)
Menlu Rusia Sergey Lavrov dan Dubes Rusia Lyudmila Vorobieva (tengah) bersama Menlu Retno Marsudi di Kementerian Luar Negeri RI di Pejambon, Jakarta. (Foto Kemlu RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Rusia Vladimir Putin masih menanti waktu yang tepat untuk mengunjungi Indonesia. Pasalnya, pandemi Covid-19 menghambat niatan Putin bertemu Presiden Joko Widodo di Jakarta. Menteri Luar (Menlu) Negeri Rusia Sergey Lavrov menggodok rencana kunjungan kenegaraan sang presiden dengan koleganya Menlu Retno Marsudi.

Dalam kunjungannya ke Jakarta, Selasa (6/7), Lavrov tidak hanya membahas seputar isu bilateral. Tapi juga membahas rencana kunjungan Presiden Rusia Vladimir Putin ke Indonesia. Sebelumnya Putin dijadwalkan berkunjung ke Indonesia pada 2020, namun tertentunda karena ia masih menangani beragam masalah domestik di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga : Gabung Persita, Harrison Cardoso Harap Bisa Beradaptasi Cepat

"Kami terus mendiskusikan persiapan rencana kunjungan Presiden Putin ke Indonesia, sembari menunggu waktu yang tepat untuk mewujudkan lawatan tersebut," ujar Menlu Retno dalam konferensi pers bersama secara virtual, Selasa (6/7).

Kedua menlu berharap kedatangan Putin dapat berujung pada Perjanjian Kemitraan Strategis antara Indonesia dan Rusia. Retno mengatakan bahwa perjanjian kemitraan strategis dapat menciptakan fondasi baru yang kuat dalam meningkatkan hubungan kedua negara ke level selanjutnya.

Baca juga : Akhiri Pembelahan Politik, Anis Matta Dorong Sumpah Tekad Indonesia

Mengenai hubungan bilateral Indonesia-Rusia, kedua Menlu itu menandatangani perjanjian (Rencana Konsultasi) Plan of Consultation periode 2021-2023.

Lavrov menyambut baik harapan Indonesia mengenai rencana kunjungan Putin. Meski tidak menyebutkan tanggal pasti, Lavrov berharap Putin dan Presiden Joko Widodo dapat segera bertemu.

Baca juga : Menkop Bangga Aceh Punya Koperasi Wanita Gayo Mendunia

Sebelumnya, Duta Besar (Dubes) Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva mengatakan, pada akhir 2019, Putin  akan mengunjungi Indonesia dalam rangka merayakan 70 tahun hubungan bilateral Indonesia dan Rusia pada 2020. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.