Dark/Light Mode

Jadi Anggota Biro Parlemen Perempuan IPU

Puteri: Ini Kehormatan Bagi Saya Dan Indonesia

Senin, 17 Mei 2021 22:37 WIB
Anggota DPR Fraksi Partai Golkar, Puteri Anetta Komarudin. (Foto: Ist)
Anggota DPR Fraksi Partai Golkar, Puteri Anetta Komarudin. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai bagian dari rangkaian sidang Inter-Parliamentary Union (IPU) atau organisasi parlemen dunia ke-142, Grup Asia Pasifik menyelenggarakan rapat daring guna menunjuk sejumlah perwakilan untuk menduduki posisi penting dalam badan-badan IPU, pada Jumat (7/5).

Dalam kesempatan tersebut, Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR Fraksi Partai Golkar, Puteri Anetta Komarudin mendapatkan dukungan penuh dari anggota Grup Asia Pasifik dalam keanggotaan Biro Parlemen Perempuan IPU (Bureau of Women Parliamentarians) untuk periode 2021-2025.

"Merupakan suatu kehormatan bagi saya dan Indonesia untuk dapat mewakili Grup Asia Pasifik sebagai anggota Biro Parlemen Perempuan IPU ini," kata Puteri dalam keterangannya yang disampaikan ke Rakyat Merdeka, Senin (17/5).

Baca juga : Lawan Israel, Ini Permintaan Palestina Ke Indonesia

Puteri menambahkan, mandat dan kepercayaan yang diberikan DPR serta dukungan penuh dari 36 parlemen negara yang tergabung dalam grup ini menunjukkan keberpihakan dan perhatian yang serius dari parlemen terhadap peran dan kesejahteraan perempuan.

Sebagai informasi, Biro Parlemen Perempuan merupakan badan tetap pertama di IPU yang didirikan dengan tujuan untuk menjamin pengarusutamaan isu kesetaraan gender dan perempuan di parlemen.

Biro tersebut terdiri atas sejumlah anggota parlemen perempuan dari berbagai perwakilan grup-grup geopolitik IPU, seperti Grup Asia Pasifik, Grup Afrika, Grup Arab, Grup Eurasia, Grup Amerika Latin/Karibia, dan Grup 12 Plus. 

Baca juga : Menaker Ida : Program Vaksinasi Perkuat Kesehatan Dan Melindungi Pekerja

Puteri menegaskan, keanggotaannya dalam Biro ini akan memperkuat posisi dan peran perempuan di kawasan Asia Pasifik. “Tentu saya akan bekerja semakin keras untuk memastikan bahwa perempuan di parlemen tidak hanya berperan sebagai perwakilan, tapi juga hadir dan aktif dalam membela kepentingan perempuan dalam pembangunan," tegas Puteri.

Puteri juga akan terus berupaya agar isu-isu perempuan Asia Pasifik juga mendapatkan tempat dan prioritas di kancah internasional. "Demi kemajuan kawasan ini,” tuturnya.

Terpilihnya Puteri sebagai anggota Biro Parlemen Perempuan IPU tidak terlepas dari kiprahnya di parlemen maupun partai dalam menyuarakan isu-isu pemberdayaan ekonomi perempuan dan kepemudaan.

Baca juga : Dipanggil Shin Tae-yong, Ini Janji Klok Pada Timnas Indonesia

Selain bertugas sebagai Anggota Komisi XI DPR, Puteri juga mengemban amanah sebagai Ketua Grup Kerja Sama Bilateral DPR RI-Parlemen Tiongkok, Ketua Kaukus Pemuda Parlemen, Koordinator Bidang Ekonomi Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG), dan Wakil Sekretaris Fraksi Partai Golkar bidang Ekonomi dan Keuangan. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.