Dark/Light Mode

Duta Besar Jepang Untuk Indonesia Kenji Kanasugi

Cegah Penularan Covid Bareng Kemenaker Dan ILO

Jumat, 9 Juli 2021 08:25 WIB
Duta Besar Jepang Untuk Indonesia Kenji Kanasugi. (Foto: Istimewa)
Duta Besar Jepang Untuk Indonesia Kenji Kanasugi. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Direktur Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Kementerian Ketenagakerjaan Indonesia, Haiyani Rumondang menyatakan, memastikan tempat kerja yang aman untuk bisnis dan pekerja menjadi prioritas penting selama pandemi.

“Melalui proyek kolaboratif ini, kami memandu perusahaan untuk memprioritaskan perlin dungan pekerja. Kami juga men dorong pengusaha dan pekerja untuk lebih tanggap terhadap Covid-19 dengan membangun mekanisme K3 yang lebih tang guh untuk seluruh aspek peker jaan,” terangnya.

Baca juga : Dorong Ekonomi Hijau, Solusi Bangkit Dari Covid-19

Proyek baru ini akan menjangkau setidaknya 1.500 tempat kerja, bermitra dengan Perhim punan Dokter Kesehatan Kerja Indonesia (IDKI).

Berdasarkan penilaian risiko awal, para dokter IDKI akan membantu perusahaan menyusun rencana aksi untuk meningkatkan tindakan tindakan pencegahan terhadap penyebaran virus.

Baca juga : Berharap Muhammadiyah Jadi Jembatan Persahabatan

K3 menjadi inti dari konsep pekerjaan yang layak bagi ILO. Lembaga itu telah mengumpulkan pengetahuan, baik di tingkat global maupun regional dan nasional mengenai K3, serta mengadopsi lebih dari 40 standar internasional dan kaidah terkait K3.

Sementara Direktur ILO untuk Indonesia dan Timor Leste, Michiko Miyamoto menghargai komitmen yang diperlihatkan Indonesia untuk terus memperkuat respons K3 dalam menghadapi pandemi. Semua pihak, ungkapnya, memiliki tujuan yang sama, yaitu melindungi pekerja dan bisnis selama pandemi.

Baca juga : Bantu Vaksinasi, Gubernur Kepri Kasih Penghargaan Lanud Hang Nadim

Proyek ini, lanjut Miyamoto, akan mempersatukan pemerintah, pekerja, pengusaha dan tenaga ahli K3 untuk saling bekerja sama. “Saya yakin proyek ini akan membantu Indonesia menjadi lebih tangguh dan produktif setelah krisis melalui upaya bersama para pemangku kepen tingan,” pungkasnya. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.