Dewan Pers

Dark/Light Mode

Bantu Tangani Covid, China Kirim 121,9 Juta Dosis Vaksin Ke Indonesia

Kamis, 15 Juli 2021 17:25 WIB
Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian. (Foto: Kedubes China)
Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian. (Foto: Kedubes China)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejak pandemi Covid-19 merebak, pemerintah China menjadi pihak yang sigap membantu Indonesia. Negeri Tirai Bambu ini sudah mengirimkan 121,9 juta dosis vaksin untuk Indonesia.

Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian mengatakan dua perusahaan farmasi negara itu, Sinovac dan Sinopharm telah mengekspor 6,4 juta dosis vaksin siap pakai ke Indonesia, dan 115,5 juta dosis lainnya dalam bentuk setengah jadi. Total impor vaksin Indonesia dari China sebesar 121,9 juta dosis.

Berita Terkait : Hari Ini, Tambahan 1,5 Juta Dosis Vaksin Moderna Sumbangan Amerika Tiba Di Tanah Air

"China akan memberikan dukungan penanganan pandemi kepada Indonesia dan memperdalam kerjasama dalam seluruh rangkaian industri vaksin termasuk pembelian, penelitian, produksi, distribusi dan lain-lain," terangnya dalam jumpa pers virtual, Kamis (15/7).

Dubes Xiao membeberkan kalau negaranya sudah menyuplai 500 juta dosis kebutuhan vaksin ke seluruh dunia. Selain itu, mulai bulan ini, Sinovac dan Sinopharm dapat memasok kebutuhan vaksin untuk program Covax yang diinisiasi WHO.

Berita Terkait : Jepang Kirim Lagi 1,16 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca Ke Indonesia

Ia menjelaskan sampai saat ini China telah memberikan bantuan lebih dari 2 miliar dolar AS atau sekitar Rp 29 triliun kepada negara-negara berkembang yang terpukul pandemi.

Bantuan dalam bentuk barang dan peralatan medis juga telah disampaikan kepada lebih dari 150 negara dan 13 organisasi internasional. Di sejumlah negara termasuk Indonesia, Negeri Panda mengawasi dan mendukung kerja sama produksi vaksin.
 Selanjutnya