Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jelang Penobatan

Raja Thailand Nikahi Pramugari+Jenderal

Jumat, 3 Mei 2019 07:20 WIB
Raja Vajiralongkorn dan Ratu Suthida (Thai TV Pool)
Raja Vajiralongkorn dan Ratu Suthida (Thai TV Pool)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tiga hari menjelang penobatan, Raja Thailand Maha Vajiralongkorn Bodindradebayavarangkun memberi kejutan. Dia menikah lagi untuk yang keempat kalinya.

Istrinya, mantan pramugari yang berpangkat jenderal. Pengumuman soal pernikahan ini disampaikan Kerajaan Thailand, kemarin. Dalam pengumuman resmi itu disebutkan, Raja Vajiralongkorn telah menikah dengan Suthida pada Rabu waktu setempat secara legal dan sesuai dengan tradisi kerajaan. “Karena itu, beliau menganugerahkan gelar kerajaan menjadi Ratu Suthida mulai saat ini,” demikian pemberi- tahuan yang dikeluarkan dari Royal Gazette dan dilansir AFP, Rabu (1/5).

Upacara itu dilaporkan berlangsung di Istana Dusit Bangkok. Raja Vajira- longkorn mengenakan seragam berwarna putih. Sementara, Ratu Suthida memakai pakaian tradisional Thailand, sutra berwarna merah muda.

Cuplikan rekaman upacara pernikahan yang disiarkan stasiun televisi Thailand memperlihatkan raja menuangkan air suci ke kepala ratu yang bersujud di hadapannya. Ratu Suthida kemudian menyajikan nampan bunga dan dupa.

Baca juga : Jelang Penobatan, Raja Thailand Umumkan Nama Istrinya

Setelah itu, keduanya menandatangani surat nikah. Surat nikah itu juga ditandatangani saudara perempuan raja, Putri Sirindhorn, dan ketua Dewan Penasihat Prem Tinsulanonda sebagai saksi.

Selain Prem, dalam acara pernikahan itu hadir pula Perdana Menteri (PM) sementara Thailand, Prayut Chan-o-cha bersama beberapa pejabat senior lainnya.

Raja Vajiralongkorn telah lama diisukan menjalin hubungan dengan Ratu Suthida. Selama bertahun-tahun, keduanya kerap terlihat bersama di depan umum. Tetapi, hubungan mereka belum pernah secara resmi diakui.

Kehidupan pribadi anggota kerajaan tak banyak dibicarakan publik secara terbuka karena Thailand meberlakukan dengan ketat lese majeste atau pasal penghinaan terhadap raja dan keluarga kerajaan. Pasal itu memberikan perlindungan kepada keluarga kerajaan Thailand dari penghinaan atau ancaman.

Baca juga : Penobatan Raja, Thailand Rogoh Kocek Rp 440 Miliar

Tak banyak informasi tentang Suthida. Bahkan, soal usianya. Diperkirakan, usianya sekitar 40 tahun. Yang ditulis media Thailand, Suthida merupakan kepala pengawal pribadi Vajiralongkorn. Pangkatnya, Jenderal. Perempuan cantik ini juga pernah menjadi pra- mugari di maskapai nasional negeri gajah putih, Thai Airways Interna- sional.

Disebut, Vajiralongkorn bertemu Suthida dalam salah satu pener - bangan. Suthida mulai bertugas di Resimen Penjaga Putra Mahkota pada 2012. Saat itu, pangkat awalnya Letnan Kolonel. Kariernya melejit setelah dia menerima beberapa penghargaan.

Menurut laporan South China Morning Post, saat masih menjabat Letkol, perintah yang dikeluarkan kantor perdana menteri mencatat, Suthida mengabdi pada Putra Mahkota Vajiralongkorn dengan baik, dengan kejujuran, kesetiaan, tanggung jawab dalam penugasan yang diberikan. Enam perintah dikeluarkan oleh kantor perdana menteri pada 2013 untuk meningkatkan peringkat Ratu Su- thida.

Pada akhir 2013, dia sudah dipromosikan sebagai Mayor Jenderal. Kemudian Agustus 2016, dia mendapatkan pangkat Letnan Jenderal. Raja menjadikan Suthida sebagai Jenderal penuh di Angkatan Darat Kerajaan Thailand pada Desember 2016, dan wakil komandan pengawal pribadi raja pada 2017. Ia juga menjadikan Suthida seorang Thanpuying, yakni gelar kerajaan yang berarti Lady.

Baca juga : Jelang Hari Pencoblosan, Prabowo Hadiri Wisuda UKRI

Suthida menjadi istri keempat Raja Vajiralongkorn. Raja berusia 66 tahun itu sebelumnya sudah mempunyai tiga istri. Istri pertama, Soamsawali Kitiyakara dinikahinya pada 1977. Lalu Raja Vajiralongkom menikahi Yuvadhida Polpraserth pada 1994. Dia menikah untuk ketiga kalinya dengan Srirasmi Suwadee pada 2001 dan bercerai pada 2014.

Raja Maha Vajiralongkorn naik takhta setelah ayahnya, Bhumibol Adulyadej, mangkat karena sakit pada 13 Oktober 2016. Dia diberi gelar sebagai Raja Rama X, anggota dinasti Chakri ke-10 yang memerintah Thailand sejak Rama I berkuasa pada 1782. Dia akan menjalani upacara penobatan selama tiga hari berturut-turut. Mulai dari besok, hingga Senin (6/5).[OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.