Dark/Light Mode

PM Malaysia Makin Kejepit

Kamis, 12 Agustus 2021 05:16 WIB
Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin. (Foto : EPA).
Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin. (Foto : EPA).

 Sebelumnya 
Untuk berkuasa, dibutuhkansetidaknya dukungan 111 dari 220 anggota parlemen atau Dewan Rakyat (dua kursi kosong). Muhyiddin diperkirakan sulit mendapatkan angka tersebut. Total legislator koalisi 105 orang jika ditambah 14 dari UMNO, maka sudah 119 anggota parlemen yang mencabut dukungan.

Meski demikian, Muhyiddin tidak mau menyerah. Ia berjuang meyakinkan Sultan Abdullah bahwa dia masih memiliki dukungan mayoritas di parlemen, dalam pertemuan Rabu (11/8).

Baca juga : PPKM Diperpanjang Lagi, Rupiah Makin Loyo

Namun Sultan meminta sang PM menggelar sidang mosi tak percaya pada September mendatang. Hasil sidang itu nantinya akan menjadi titik pertimbangan Sultan mengenai posisi Muhyiddin.

Jika bisa melewati ini, Muhyiddin masih bisa bertahan hingga Pemilu dua tahun lagi. Jika tidak, parlemen bisa dibubarkan dan Pemilu bisa dipercepat dalam waktu 60 hari. Sebelumnya, desakan agar Muhyiddin mundur bukan hanya dari politisi oposisi saja, tapi juga dari rakyat Malaysia.

Baca juga : Netizen Candain Aturan Makan 20 Menit

Selain bertemu Sultan, pada hari yang sama Muhyiddin akan mengadakan rapat koalisi pemerintahan Perikatan Nasional (PN). Besar kemungkinan, pertemuan tersebut mengenai dukungan terhadap sang PM.

Namun, sumber lain mengkonfirmasi hal yang sama, tetapi menolak berkomentar tentang sifat atau tujuan pertemuan tersebut. “Yang diundang sudah diberitahu,” kata sumber itu, tanpa merinci. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.