Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dubes Heri Letakan Karangan Bunga Di Monumen Soekarno Di Tokyo

Selasa, 17 Agustus 2021 21:53 WIB
Dubes RI untuk Jepang, Heri Akhmadi berkunjung ke Monumen Sukarno di Tokyo dan meletakan karangan bunga, Selasa (17/8). Foto KBRI Tokyo
Dubes RI untuk Jepang, Heri Akhmadi berkunjung ke Monumen Sukarno di Tokyo dan meletakan karangan bunga, Selasa (17/8). Foto KBRI Tokyo

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang, Heri Akhmadi melakukan kunjungan dan meletakan karangan bunga di Monumen Soekarno.

Kunjungan ini merupakan rangkaian kegiatan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo dalam rangka peringatan Kemerdekaan RI ke-76 ,Selasa (17/8).

Dalam kunjungannya, Dubes Heri menjelaskan, kunjungannya ke Monumen Soekarno ini adalah bentuk penghargaan Indonesia kepada warga Jepang yang membantu kemerdekaan Indonesia. 

Baca juga : Pegadaian Sekolahkan Karyawan Terbaiknya ke Amerika Serikat

“Monumen Soekarno yang berada persis di samping kuil kuno Seisho Tokyo ini didirikan oleh Pemerintah Jepang beberapa tahun setelah kunjungan Presiden Soekarno ke Jepang pada 1958 atas undangan Kaisar Hirohito,” kata Heri melalui keteranganya, Selasa (17/8).

Bahkan, lanjut Heri, di monumen itu tertulis dalam aksara Kanji dan Bahasa Indonesia yang memuat isi surat Soekarno  kepada Ichiki Tatsuo serta Yoshizumi Tomegoro yang tercatat ikut membantu dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. 

Ichiki kata Heri, pernah menjadi penasihat Divisi Pendidikan pasukan Pembela Tanah Air (PETA). Ia juga tercatat pernah menjadi Pemimpin Redaksi Asia Raya.

Baca juga : Bos Kowani Ingatkan Pentingnya Ketahanan Keluarga Di Masa Pendemi

Sementara itu, Tomegoro Yoshizumi menjabat kepala intelijen di kantor Laksamana Maeda, seorang perwira Jepang yang membantu memfasilisitasi penyusunan naskah teks Proklamasi di kediamannya.

Sebanyak 903 mantan prajurit Jepang ikut bergerilya bergabung dengan tentara Indonesia semasa Perang Kemerdekaan tahun 1945 - 1949. 

Dan 531 orang,  di antaranya tewas atau hilang, 45 orang kembali ke negerinya, dan 324 memilih menjadi warga Indonesia hingga akhir hayatnya.

Baca juga : Erick Pastikan, Karyawan BUMN Di Sumsel Terjamin Obat Dan Perawatan Covid-19

Selain ke Monumen Soekarno, Dubes Heri berkunjung ke Patung Sudirman yang berada di dalam kompleks kantor Kementerian Pertahanan Jepang. [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.