Dark/Light Mode

Gebyar Kemerdekaan HUT RI Ke-76 Gaungkan Kreativitas Dan Inovasi Anak Negeri Di Paris

Kamis, 19 Agustus 2021 09:57 WIB
Dubes RI untuk Prancis, Arrmanatha Nasir (kanan) berpakaian adat Bali lengkap pada hari pertama peluncuran kaos peringatan 76 tahun kemerdekaan Indonesia di Toko Merci. (Foto: KBRI Paris)
Dubes RI untuk Prancis, Arrmanatha Nasir (kanan) berpakaian adat Bali lengkap pada hari pertama peluncuran kaos peringatan 76 tahun kemerdekaan Indonesia di Toko Merci. (Foto: KBRI Paris)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bulan kemerdekaan Republik Indonesia merupakan momentum yang tepat, untuk menggaungkan kreativitas dan inovasi bangsa Indonesia di jantung kota Paris.

Dengan semangat ini, serangkaian kegiatan yang dilaksanakan KBRI Paris untuk merayakan hari kemerdekaan RI ke-76, dilakukan tidak saja dengan kehadiran fisik ataupun secara online. Tetapi juga secara hybrid.

Bagi ribuan masyarakat Indonesia di Prancis, bulan kemerdekaan di tengah pandemi ini tidak berkurang keseruaannya.

Baca juga : Insan Pertanian Teladan dan Berprestasi Terima Penghargaan

Untuk memeriahkan perayaan bulan kemerdekaan, berbagai kegiatan dan lomba, termasuk secara fisik, online maupun secara hybrid diselenggarakan oleh KBRI Paris bagi para WNI yang menetap di Prancis.

Sebelum pandemi, perlombaan tradisional seperti makan kerupuk atau balap karung dapat dilaksanakan. Saat ini, dengan masih adanya Covid-19, berbagai lomba dilakukan secara online dan hybrid oleh KBRI Paris.

Lomba seperti video kreatif menyanyikan lagu nasional dan lomba video kreatif membaca puisi karangan sendiri, menjadi ajang menunjukkan kebolehan dan bakat para WNI yang ada Prancis.

Baca juga : DEM Indonesia Inginkan Energi Berkeadilan Di Nusantara

Tidak kalah seru adalah lomba menyampaikan pidato dalam bahasa Indonesia untuk warga Prancis. Perlombaan ini dilaksanakan, agar warga Prancis lebih semangat belajar bahasa Indonesia di KBRI Paris.

Berbagai games dan olah raga juga dilaksanakan secara online seperti domino, catur dan kahoot juga diserbu warga digital Indonesia di Prancis.

Perlombaan dan Games Online merupakan bukti kedekatan anak negeri dengan inovasi dan teknologi, yang tetap bisa melakukan perlombaan walaupun tetap menjaga jarak.

Baca juga : Bos OJK: HUT RI Ke-76 Momen Lanjutkan Pertumbuhan Ekonomi

Tidak hanya di ruang digital, lomba peringatan HUT RI di Prancis juga mendorong masyarakat Indonesia untuk tetap sehat dengan berolah raga berlari, yang dilakukan secara hybrid.

Dengan menggunakan aplikasi Strava untuk membentuk angka 76, sesuai dengan tahun peringatan kemerdekaan Republik Indonesia, masyarakat Indonesia di Prancis secara individu berlari di berbagai kota.

Sedikitnya 2 km untuk membentuk angka 76 puncak perayaan HUT ke-76 kemerdekaan Republik Indonesia, ditandai dengan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang diikuti ratusan masyarakat Indonesia di seluruh penjuru Prancis secara hybrid.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.