Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ismail Sabri Jadi PM Malaysia Ke-9, Anwar Ibrahim Minta Pendukungnya Legowo

Sabtu, 21 Agustus 2021 12:15 WIB
Pemimpin Oposisi Anwar Ibrahim (kiri) dan PM Malaysia ke-9 Ismail Sabri Yaakob. (Foto: Istimewa)
Pemimpin Oposisi Anwar Ibrahim (kiri) dan PM Malaysia ke-9 Ismail Sabri Yaakob. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemimpin Oposisi Anwar Ibrahim mendesak para pemimpin, anggota dan pendukung Pakatan Harapan untuk legowo menerima keputusan Raja, Sultan Abdullah Riayatuddin Mustafa Billah Shah, yang telah menunjuk Ismail Sabri Yaakob sebagai Perdana Menteri ke-9 Malaysia.

Dalam pernyataannya pada Jumat (20/8), Anwar mengatakan, keputusan itu sejalan dengan Konstitusi, konsep demokrasi parlementer, dan monarki konstitusional.

Ismail Sabri yang merupakan Wakil Presiden Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO), akan dilantik pada Sabtu (21/8) pukul 14.30 waktu setempat.

Baca juga : Besok Dilantik, Sultan Abdullah Restui Ismail Sabri Jadi PM Malaysia Ke-9

“Bagi oposisi, inilah saatnya untuk bekerja lebih keras menghadapi Pemilihan Umum ke-15 mendatang. Mari kita berdoa dan berusaha, agar pandemi Covid-19 dan perekonomian negara dapat teratasi untuk kepentingan rakyat," ujar Anwar, seperti dikutip The Straits Times, Sabtu (21/8).

Ismail Sabri diharapkan dapat segera membentuk kabinetnya, sebagaimana amanat Raja, saat menerima pengunduran Muhyiddin Yassin pada Senin (15/8).

"Siapa pun pengganti Muhyiddin, harus bisa memperkuat legitimasi," pesan Raja. 

Baca juga : Anak Ismail Sabri Pernah Duet Sama Gita Gutawa Dan Digaet Ahmad Dhani

Ismail Sabri yang sebelumnya menjabat Wakil Perdana Menteri dalam pemerintahan Muhyiddin, juga harus menunjuk anggota kabinet yang tepat. Agar Malaysia bisa segera keluar dari krisis Corona, menuju pemulihan ekonomi setelah tahun lalu dihantam resesi.

Sejauh ini, UMNO telah menunjukkan dukungan yang vukup solid terhadap penunjukan Ismail Sabri.  Para pemimpin partai Melayu berjanji untuk mendukungnya, dan bekerja sama menuju pemulihan ekonomi.

"Kami akan bekerja sama dengan Perdana Menteri yang baru diangkat, untuk mengatasi pandemi Covid-19. Agar beliau dapat bekerja secara efektif untuk memperbaiki ekonomi," kata Wakil Presiden UMNO, Mohd Khaled Nordin.

Baca juga : Muhyiddin Setuju Ismail Sabri Jadi Perdana Menteri, Tapi Ada Syaratnya...

Para pemimpin Barisan Nasional juga mengucapkan selamat kepada Ismail Sabri, atas jabatan barunya sebagai orang nomor satu di pemerintahan Malaysia.

Wakil Presiden Kongres India Malaysia M. Saravanan optimis, Ismail Sabri dapat membawa negaranya keluar dari situasi krisis akibat pandemi Covid-19.

“Semoga, kepemimpinannya membuka babak baru di arena politik,” katanya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.