Dark/Light Mode

UMNO Berkibar Lagi

Ismail Sabri Sah Jadi PM Malaysia Ke-9

Sabtu, 21 Agustus 2021 15:06 WIB
Ismail Sabri Yaakob dilantik menjadi Perdana Menteri Malaysia ke-9 di Istana Negara, Kuala Lumpur, Sabtu (21/8). (Foto: Bernama/Facebook)
Ismail Sabri Yaakob dilantik menjadi Perdana Menteri Malaysia ke-9 di Istana Negara, Kuala Lumpur, Sabtu (21/8). (Foto: Bernama/Facebook)

 Sebelumnya 
Tugas berat memulihkan Malaysia dari ancaman Covid-19 dan krisis ekonomi, menanti Ismail Sabri.

Sebagian besar kegiatan perekonomian di negara tersebut ditutup sejak Mei 2021, demi membendung lonjakan kasus Covid.

Situasinya memburuk, meskipun sudah berbulan-bulan lockdown.

Baca juga : Ismail Sabri Jadi PM Malaysia Ke-9, Anwar Ibrahim Minta Pendukungnya Legowo

Namun, predikat sebagai salah satu negara dengan tingkat vaksinasi tertinggi di dunia, meningkatkan optimisme Malaysia.

Muhyiddin sebelumnya mengatakan, Malaysia berencana membuka kembali sebagian besar kegiatan ekonominya pada Oktober tahun ini. 

Dengan koalisi yang longgar, Ismail Sabri juga harus memastikan susunan kabinet yang kondusif untuk 7 partai. Dalam hal ini, Koalisi Perikatan Nasional pimpinan Muhyiddin mendominasi dengan 54 kursi.

Baca juga : Besok Dilantik, Sultan Abdullah Restui Ismail Sabri Jadi PM Malaysia Ke-9

Ismail Sabri yang kini berusia 61 tahun adalah anggota parlemen untuk daerah Bera, Pahang. Dia berada di masa jabatan keempat sebagai anggota parlemen, dan telah menjabat sebagai menteri kabinet selama 10 tahun antara 2008-2018 selama pemerintahan UMNO.

Ismail Sabri menjadi Wakil Presiden UMNO, menyusul kekalahan mengejutkan partai tersebut pada Pemilu 2018. Di tahun yang sama, Ismail Sabri  juga menjadi pemimpin oposisi.

Dia kemudian diangkat menjadi Menteri Senior Keamanan dengan portofolio Kementerian Pertahanan di bawah pemerintahan Muhyiddin, setelah Pakatan Harapan runtuh awal tahun lalu.

Baca juga : Anwar Ibrahim Kembali Gagal Jadi PM Malaysia

Bulan lalu, Ismail Sabri dipromosikan ke jabatan Wakil Perdana Menteri oleh Muhyiddin, sebelum naik ke tampuk kekuasaan tertinggi pekan ini. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.