Dark/Light Mode

Wow, Raja Lebah Ini Tak Pernah Disengat

Sabtu, 4 September 2021 08:50 WIB
Ndayisaba kerubungi ratusan lebah di tubuhnya. (Foto: Newsflash).
Ndayisaba kerubungi ratusan lebah di tubuhnya. (Foto: Newsflash).

RM.id  Rakyat Merdeka - Raja Lebah. Julukan itu tam­paknya cocok diberikan pada Ndayisaba. Pasalnya, dia sama sekali tak takut pada hewan penyengat itu. Bahkan, meski sekujur tubuhnya dihinggapi lebah, tak satu pun hewan tersebut melukai Ndayisaba.

Pria asal Rwanda itu mengaku, telah memelihara lebah se­lama 30 tahun. Dia mengklaim dirinya tidak pernah disengat. Meskipun secara teratur berjalan-jalan dengan ribuan lebah merayapi tubuhnya yang tidak terlindungi.

Baca juga : Hongaria Vs Inggris, Tiga Singa Tak Gampang Diberangus

Ternyata, dia punya teknik khusus agar tak disengat hewan penghasil madu itu. Salah satunya, dia harus men­cari ratu lebah terlebih dulu. “Kemudian saya menempat­kan ratu di tubuh saya untuk menarik lebah lainnya,” papar Ndayisaba, dikutip dari Daily Star, kemarin.

Selanjutnya, kata dia, ratu lebah akan tetap dibuat berada di satu tempat di tubuhnya, dengan cara menempelkannya pada seutas tali di pinggangnya. Lalu, lebah lainnya se­cara alami mengikuti, dan melindungi ratu mereka. Kemudian terbang menuju Ndayisaba dan membentuk perisai di sekelilingnya, untuk men­jaganya tetap aman.

Baca juga : Berkas Rampung, Pejabat Pajak Angin Prayitno Segera Disidang

Sekilas, yang dilakukannya memang terlihat menakutkan. Namun Ndayisaba memasti­kan, dirinya tak pernah disengat. Bahkan, orang-orang di sekitarnya tidak merasa terganggu. Malah membuat mereka bahagia. Tak jarang, beberapa orang malah minta diajari.

“Mereka tidak takut. Yang mereka mau hanya belajar untuk mulai memelihara lebah sendiri,” ucapnya. [PYB]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.