Dark/Light Mode

KBRI Washington Promosikan Makanan Dan Bumbu Indonesia

Sabtu, 4 September 2021 07:59 WIB
Webinar  KBRI  Washington DC untuk mempromosikan bumbu  masak khas Nusantara. (Foto: KBRI Washington DC)
Webinar KBRI Washington DC untuk mempromosikan bumbu masak khas Nusantara. (Foto: KBRI Washington DC)

 Sebelumnya 
Webinar ini mendapatkan antusiasme yang sangat baik. Me nurut keterangan KBRI Washington DC, acara virtual itu dihadiri 382 peserta yang datang dari berbagai latar belakang profesi. antara lain pebisnis kuliner, eksportir Indonesia, Diaspora Indonesia di AS, dan importir bumbu dan rempah Indonesia di AS.

Dalam sesi pertama, atase Perdagangan KBRI Washington DC Wijayanto memaparkan peluang produk rempah dan bumbu Indonesia di pasar amerika Se rikat, persyaratan pendirian restoran di Amerika Serikat, dan kiat ekspor ke Amerika Serikat.

Baca juga : Kematian Naik 638, Jateng Dan Jatim Mendominasi

“Pasar Amerika Serikat merupakan pasar yang sangat ketat dan kompetitif. Patuh pada regulasi adalah salah satu kunci penting menembus pasar Amerika Serikat,” paparnya.

Sesi kedua, menghadirkan Atase Pertanian KBRI Washington DC, Hari Edi Soekirno. Ia menyampaikan mengenai potensi pasar rempah-rempah di AS, serta pentingnya melakukan kolaborasi dan memperhatikan harga pasar.

Baca juga : Ini Hambatan Penerapan SIN Pajak Di Indonesia

Sesi ketiga, menghadirkan William Wongso yang mengusulkan konsep Cloudkitchen “Indonesia Makan”. Yakni, memperkenalkan konsep Indonesia food outlet sebagai upaya mengindustrikan makanan dan bumbu Indonesia di Amerika Serikat. Ia juga mendorong adanya sinergi dari pihak-pihak yang terkait.

Menutup webinar yang berlangsung selama dua jam tersebut, Konsultan FDA, Agus Setiawan menyampaikan berbagai regulasi dan persyaratan ekspor produk rempahrempah ke AS.

Baca juga : BSI Terus Perkuat Ekosistem Ekonomi Syariah Indonesia

“Pelabelan merupakan salah satu persyaratan yang penting untuk dipatuhi agar dapat menembus pasar Amerika Serikat,” terangnya.

KBRI Washington DC akan terus berupaya dan bersinergi dengan berbagai pihak dalam melakukan penetrasi pasar dan meningkatkan ekspor produk Indonesia ke AS. [PYB]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.