Dark/Light Mode

Dubes Amerika Serikat Sung Kim, Gembira Lihat Vaksinasi Pfizer Di Citos

Senin, 27 September 2021 07:59 WIB
Dubes AS Sung Kim (kedua kanan depan) saat mengunjungi sentra vaksinasi di Mall Cilandak Town Square, Jaksel, Minggu (26/9). (Foto: Dok. Kwdubes AS)
Dubes AS Sung Kim (kedua kanan depan) saat mengunjungi sentra vaksinasi di Mall Cilandak Town Square, Jaksel, Minggu (26/9). (Foto: Dok. Kwdubes AS)

 Sebelumnya 
Beroperasi selama sepekan, lokasi vaksinasi ini dikelola bersama dengan Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota serta Tentara nasional Indonesia (TNI). Semua vaksin disediakan Kementerian Kesehatan.

“Senang melihat bapak, ibu semua. Terima kasih telah melakukan bagian anda yaitu mendapatkan vaksinasi, dan mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama,” terangnya.

Pemerintah AS melalui USAID juga memberikan dukungan vaksinasi serta menyebarluaskan informasi kesehatan untuk mengedukasi warga dan mengurangi keraguan terhadap vaksin.

Baca juga : Polri Gandeng Mahasiswa Kaltim Gelar Vaksinasi Merdeka

Bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan pemerintah daerah di Jabodetabek, USAID memberikan bantuan teknis untuk vaksinator dan logistik di fasilitas kesehatan, klinik keliling, dan tempat-tempat umum.

Selama dua bulan terakhir, USAID telah merekrut dan melatih hampir 400 vaksinator swasta dan mendirikan 780 lokasi vaksinasi keliling di Jakarta, Banten dan Jawa Barat. Program tersebut telah memberikan vaksin kepada sekitar 200.000 orang.

AS telah berkomitmen mengucurkan bantuan tanggap Covid-19 kepada Indonesia senilai lebih dari 77 juta dolar AS (sekitar Rp 1 triliun). Jumlah total donasi vaksin dari AS untuk Indonesia sebanyak 8 juta dosis vaksin Moderna dan 4,6 juta dosis vaksin Pfizer.

Baca juga : Pemkot Bandung Percepat Vaksinasi Untuk Remaja

Bantuan tersebut merupakan komitmen pemerintahan Presiden Joe Biden untuk membagikan 1,1 miliar dosis vaksin yang aman dan efektif kepada dunia, untuk menyelamatkan jiwa dan memerangi Covid-19.

"Kami menyumbangkan lebih banyak vaksin dibandingkan dengan sumbangan semua negara lain. Kami melakukannya tanpa pamrih, karena ini adalah tindakan yang benar,” tutur Dubes Sung Kim.

"Pandemi tidak akan berakhir dimana-mana, sampai dikalahkan di mana-mana,” pungkasnya.

Baca juga : Pemkot Bekasi Gelar Vaksinasi Covid-19 Di Stasiun Kranji

Sejak Maret 2020, dukungan AS telah menjangkau 165 juta orang di Indonesia atau 60 persen dari populasi negara. Negeri Paman Sam itu juga telah membantu sekitar 43.000 tenaga kesehatan garis depan dan memperkuat lebih dari 1.300 rumah sakit dan klinik di Indonesia. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.