Dark/Light Mode

Dubes Prancis Olivier Chambard Puji Ketegasan RI Soal Pakta Keamanan Aussie, Inggris Dan AS

Rabu, 29 September 2021 07:52 WIB
Duta Besar Prancis Untuk Indonesia Olivier Chambard. (Foto: Kedubes Prancis
Duta Besar Prancis Untuk Indonesia Olivier Chambard. (Foto: Kedubes Prancis

RM.id  Rakyat Merdeka - Prancis menghargai langkah Indonesia yang menyatakan keprihatinan terhadap langkah Australia, Inggris dan Amerika Serikat (AS) membentuk pakta pertahanan AUKUS (Australia, Inggris/UK/Amerika Serikat). Prancis menilai, Indonesia telah menunjukkan sikap tegas.

Duta Besar (Dubes) Prancis untuk Indonesia Olivier Chambard menyatakan, negaranya menghargai pandangan beberapa negara ASEAN. antara lain Malaysia dan Indonesia. Bahkan, sikap Pemerintah Indonesia yang tercermin dalam pernyataan Kementerian Luar Negeri (Kemlu), yang menyoal berlanjutnya perlombaan senjata dan proyeksi kekuatan militer di kawasan, menurut Chambard, cukup mengejutkan.

Baca juga : Jelang PON XX Papua, Kementan Pantau Keamanan Pangan Hewan

“Kami melihat posisi Indonesia sangat jelas dalam hal ini. Padahal, indonesia adalah mitra dekat Australia,” ujarnya, dalam pertemuan dengan sejumlah awak media, di Menteng, Jakarta, Jumat (24/9).

Seperti diketahui, dua hari pasca pengumuman pembentukan AUKUS, Kemlu mengeluarkan pernyataan keprihatinan Indonesia, atas terus berlanjutnya perlombaan senjata dan proyeksi kekuatan militer di kawasan .Jakarta menekankan pada Canberra kewajiban pengendalian nuklir.

Baca juga : Jokowi Tegaskan Komitmen RI Dalam Ketahanan Kesehatan Global

Melalui pernyataan Kemlu tersebut, Australia didorong memenuhi kewajiban menjaga kedamaian, stabilitas, dan keamanan kawasan. Indonesia juga mengingatkan semua pihak untuk menghormati hukum Internasional, termasuk Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Hukum Laut (UNCLOS) 1982.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.