Dark/Light Mode

Dubes China Xiao Qian, Rayakan HUT Ke-72 RRC Secara Virtual

Kamis, 30 September 2021 07:54 WIB
Duta Besar China Untuk Indonesia Xiao Qian. (Foto: Istimewa)
Duta Besar China Untuk Indonesia Xiao Qian. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Negara, jelas Xiao, mempertahankan langkah-langkah pengendalian secara teratur dan siap mengatasi keadaan darurat lokal. dia juga menerangkan, China telah memimpin kerja sama vaksin internasional.

Dalam hal ini, negaranya telah mengirimkan pasokan medis hingga ventilator ke lebih dari 150 negara, dan 13 organisasi internasional. Sementara untuk dosis vaksin Covid-19, China memberikan bantuan vaksin ke 106 negara dan empat organisasi internasional.

Dalam ulang tahun berdirinya RRC ini, target China adalah menyediakan total hingga 2 miliar dosis vaksin tahun ini dan menyumbangkan 100 juta dolar as melalui mekanisme Covax.

Baca juga : Lestari Minta Pemerintah Jangan Abaikan Saran Epidemiolog

“Dengan tindakan praktis seperti ini, China telah membantu menyelamatkan ribuan nyawa di seluruh dunia, dan memenuhi komitmen tulusnya memajukan pembangunan komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia,” bebernya.

Tak hanya itu, Dubes Xiao juga menyinggung tentang kerja sama China dan Indonesia di berbagai bidang. Menurutnya, kepercayaan politik di antara kedua negara telah mencapai puncak terbaru.

Dia mencontohkan pembicaraan Presiden Xi Jinping dan Presiden Joko Widodo yang intens. “China dan Indonesia telah menorehkan babak baru dalam saling membantu dan persaha batan kita,” katanya.

Baca juga : Dubes Australia Penny Williams, Siap Eratkan Hubungan Kedua Nagara

Dalam kaitan erat dengan ASEAN, Xiao mengatakan, China dan ASEAN, termasuk Indonesia, telah memberikan kontribusi penting bagi perdamaian dan stabilitas regional.

Menjelang akhir pidatonya, Xiao mengatakan, bulan depan adalah akhir masanya bertugas di Indonesia. Ia pun mengucapkan terima kasih karena banyak pihak telah membantunya selama bertugas.

“Terima kasih yang tulus kepada teman-teman dari Pemerintah Indonesia dan masyarakat yang peduli dan mendukung perkembangan hubungan China dan Indonesia. Serta teman-teman yang telah memberikan dukungan dan bantuan kepada saya dalam menjalankan tugas saya,” pungkasnya.

Baca juga : Temui Jokowi, Dubes Australia Siap Eratkan Hubungan Kedua Negara

Dubes yang sudah bertugas di Indonesia sejak 2017 itu, berharap, China dan Indonesia menjadi dua negara besar yang makmur. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.