Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dubes Amerika Sung Yong Kim, Kawal Tambahan Kuota Beasiswa Pelajar

Jumat, 1 Oktober 2021 07:58 WIB
Duta Besar Amerika Serikat Untuk Indonesia, Sung Yong Kim. (Foto: Istimewa)
Duta Besar Amerika Serikat Untuk Indonesia, Sung Yong Kim. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Besarnya  minat pelajar Indonesia menimba ilmu ke Negeri Paman Sam, membuat Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengupayakan penambahan kuota beasiswa. Duta Besar AS untuk Indonesia Sung Yong Kim berjanji akan mengawal kuota penambahan tersebut terwujud.

“Mengupayakan pelajar Indonesia bisa belajar di Amerika adalah prioritas utama kami. Dengan senang hati, kami umumkan akan mengeluarkan lebih banyak visa bagi pelajar Indonesia,” ujar Dubes Kim dalam diskusi virtual bersama jurnalis di Jakarta Foreign Correspondents Club (JFCC), Rabu (29/9).

Baca juga : Resmikan Patung Bung Karno, Mega Terisak Berkali-kali

Hingga kini, diperkirakan ada lebih dari 9.000 pelajar Indonesia yang menuntut ilmu di AS. Warga Negara Asing (WNA) harus memilik Visa F1 untuk mengambil gelar sarjana atau pascasarjana. Mereka yang ingin mengambil sekolah nonakademik atau kejuruan harus memiliki Visa M.

“Kami juga akan memastikan bahwa pelajar Indonesia bisa belajar tepat waktu,” tutur Dubes yang juga bertugas sebagai perwakilan khusus AS untuk Korea Utara itu.

Baca juga : Ketahanan Pangan Kita Bisa Terganggu

Situasi pandemi Covid-19 memang menyulitkan bagi Kedutaan Besar AS untuk melakukan beberapa kegiatan terkait program penerima beasiswa. Seperti konseling pendidikan, hingga pembelajaran bahasa Inggris.

Namun, Dubes Kim optimistis itu bisa ditangani. bahkan, pihaknya akan memperluas jangkauan perekrutan untuk program pertukaran, karena minat yang sangat besar dari penjuru Indonesia. “Begitu pandemi usai, kami akan menyeleksi lagi program mana yang akan kami perluas,” jelas Dubes Kim.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.