Dark/Light Mode

Bincang Kanal Diplomatik, Untaian Nada Bersama Sekdilu X

Senin, 18 Oktober 2021 11:11 WIB
Para praktisi politik saat diskusi masalah internasional di Yogyakarta, pada Sabtu (16/10). (Foto: Istimewa)
Para praktisi politik saat diskusi masalah internasional di Yogyakarta, pada Sabtu (16/10). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Lebih lanjut Laksono mengatakan, JTH Music Club, sebelumnya adalah kafe kecil yang aktif bermain sejak sebelum pandemik. (www.javateahouse.id), Ketika pandemik kafe tutup sehingga musisinya tidak bisa mendapat income. Oleh karena itu dikembangkan music online dengan bahasan musik secara mendalam serta isu-isu sosial budaya. Hasilnya sangat menarik.

”Kami telah berjalan hampir 2 tahun. Pendapatan musisinya meningkat 3 kali lipat. Tentunya dengan dukungan filantropis," ujar Laksono.

Sementara itu bagi para alumnus Sekdilu Angkatan X acara ini adalah suatu momentum untuk melakukan refleksi dengan menampilkan kebersamaan anggota SSX dalam pengabdian mereka selama 37 tahun.

Baca juga : Luhut Juga Layak Dipuji

Ketua Sekdilu Angkatan X (SSX), E.D. Syarief Syamsuri mengatakan Perjalanan SSX diharapkan menjadi pembelajaran yang bermanfaat bagi masyarakat terutama peminat hubungan internasional dan generasi penerus.

Turut memberikan sambutan, salah satu alumnus SSX, Etti D. Husin. Penyelenggaraan acara juga menghadirkan mantan Menlu RI, Dr. Hassan Wirajuda dan Dubes Soemadi Brotodiningrat selaku mentor dan senior SSX.

Mereka memberikan testimoni dan harapan mereka tentang kinerja SSX selama mengabdi di Kemlu dan Perwakilan dan harapan bagi para diplomat penerusnya.

Baca juga : KPK Perpanjang Penahanan Bupati Bintan Nonaktif Dan Anak Buahnya

Acara dipandu MC/presenter Annisa Paramita, seorang diplomat muda, dan berhasil mendapat perhatian dari ratusan pemirsa dari berbagai kalangan. Yang hadir pada acara ini umumnya para pemerhati dan pengamat politik luar negeri serta diplomat RI di berbagai negara.

Beberapa pusat studi hubungan internasional di Tanah Air juga bergabung dalam acara yang padat dan berlangsung hampir 2,5 jam tersebut.

Setelah mendengar ulasan tentang SSX dan harapan dari para senior, diskusi membahas capaian politik luar negeri RI. Hal ini mencakup isu pentingnya pengakuan terhadap keberagaman di Indonesia dan peningkatan peranan kaum perempuan.

Baca juga : Pasca Dipecat, Mantan Pegawai KPK Jualan Nasgor Hingga Cemilan

Turut hadir pada acara ini nara sumber SSX yaitu mantan Kepala Perwakilan RI dari mancanegara, yaitu: A.M. Fachir, A. Agus Sriyono, Trie Edi Mulyani, Darmansjah Djumala dan Bagas Hapsoro.

Dalam kesempatan tersebut SSX membawakan 9 lagu baik berupa paduan suara dan solo. Semuanya dibawakan oleh para diplomat termasuk salah satu mentor SSX, yaitu Dubes Soemadi Brotodiningrat yang menyanyikan tembang ”I’m in the mood for love” dengan irama kroncong. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.