Dark/Light Mode

Jalin Perdagangan Dengan Eropa Tengah Dan Timur

Ekspor Diramal Bakal Meroket

Sabtu, 9 Oktober 2021 08:40 WIB
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dalam acara Indonesia Central and Eastern Europe (INACEE) Business Forum 2021. (Foto: Antara)
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dalam acara Indonesia Central and Eastern Europe (INACEE) Business Forum 2021. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Potensi ekonomi dari perdagangan Indonesia dengan kawasan Eropa Tengah dan Eropa Timur sangat besar. Perdagangan dengan negara-negara di dua kawasan tersebut bakal membuat ekspor Indonesia meroket.

“Banyak negara-negara Eropa Tengah dan Timur jadi mitra dagang potensial bagi Indonesia. Beberapa di antaranya tercatat sebagai 30 besar tujuan ekspor utama,” kata Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi dalam keterangannya, kemarin.

Baca juga : Persaingan Ekspor Batik Makin Ketat

Menurut Lutfi, pemerintah optimistis dalam waktu dekat akan ada potensi perdagangan yang sangat besar antara Indonesia dengan kawasan-kawasan ini.

Keyakinan tersebut juga disampaikan Lutfi dalam acara Indonesia Central and Eastern Europe (INACEE) Business Forum 2021 yang diselenggarakan secara hibrid, Kamis (7/10).

Baca juga : Pemda Diminta Dampingi Pedagang Kecil Dan Mikro Yang Dapat Bantuan

Lutfi mengatakan, kegiatan bisnis forum ini merupakan momen penting dalam peningkatan hubungan ekonomi dengan negara di kawasan Eropa Tengah dan Timur.

“Kami menegaskan kembali komitmen Indonesia memperkuat kerja sama perdagangan dengan kawasan-kawasan tersebut,” tegas Lutfi.

Baca juga : Masyarakat Masih Doyan Kumpul-kumpul Sana Sini

Dia juga mendorong para pelaku bisnis Eropa Tengah dan Timur untuk menjajaki bisnis dengan Indonesia agar lebih intensif dari sebelumnya.

Pada periode Januari-Agustus 2021, nilai ekspor Indonesia ke Eropa Tengah tumbuh 23,6 persen yang mencapai 2,52 miliar dolar AS.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.