Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hadapi Tantangan Ekonomi, Perlu Kerja Sama Lintas Sektor

Kamis, 23 September 2021 12:35 WIB
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat saat membuka diskusi daring Kesiapan Sektor Ekonomi Pascapandemi olej Forum Diskusi Denpasar 12 dengan DPP Partai Nasdem bidang Kebijakan Publik dan Isu Strategis, Rabu (22/9). (Foto: Ist)
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat saat membuka diskusi daring Kesiapan Sektor Ekonomi Pascapandemi olej Forum Diskusi Denpasar 12 dengan DPP Partai Nasdem bidang Kebijakan Publik dan Isu Strategis, Rabu (22/9). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perlu kerja sama lintas sektor untuk mencari jalan keluar dalam menjawab tantangan di bidang ekonomi pada  kondisi yang belum menentu hingga saat ini.

"Kita harus mampu memperpendek jarak antara harapan dengan kenyataan sehingga bisa membangun satu kesadaran bahwa pada masa transisi ini untuk membangun sektor ekonomi membutuhkan norma-norma baru yang harus diterapkan," kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat saat membuka diskusi daring bertema Kesiapan Sektor Ekonomi Pascapandemi yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12 bekerjasama dengan DPP Partai Nasdem bidang Kebijakan Publik dan Isu Strategis, Rabu (22/9).

Baca juga : Yang Diburu Segajah Yang Didapat Sekutu

Pada diskusi yang dimoderatori, Dr. Irwansyah (Tenaga Ahli Wakil Ketua MPR) itu, hadir Fauzi H. Amro, M.Si (Anggota Komisi XI DPR), Raden Kurleni Ukar, M.Sc (Deputi Menteri Pariwisata RI, Bidang Kebijakan Strategis), Dr. Radityo Fajar Arianto, MBA (Direktur Sparklabs Incubation Universitas Pelita Harapan/UPH, Pemerhati UMKM) dan Drh. Dedi Kusmanagandi, MBA (Asosiasi Bioteknologi, Presiden Asosiasi Dokter Hewan Unggas Indonesia) sebagai narasumber.

Hadir pula Dr. Suyoto, M.Si (Ketua Koorbid Kebijakan Publik dan Isu Strategis DPP Partai NasDem), Prof. Dr. Tjandra Yoga Aditama (Direktur Penyakit Menular WHO, South East Asia Regional Office (SEARO), 2018-2020, Direktur Program Pasca Sarjana Universitas Yarsi) dan Millie S. Lukito (Pelaku Ekonomi Digital Founder, CEO & Bureau Chief Mobiliari Group) sebagai penanggap.

Baca juga : Gus Halim Tekankan SDGs Desa Dukung Program Prioritas Nasional

Menurut Lestari, di masa pandemi ini dua sisi ekonomi di sektor pasokan dan permintaan terpuruk. Kondisi pandemi yang cenderung melandai saat ini, tegas Rerie, sapaan akrab Lestari, jangan dianggap tidak perlu berupaya lagi dan bersantai.

Apa yang menjadi strategi pemerintah, ujar anggota Majelis Tinggi Partai Nasdem itu, harus bisa dijalankan untuk mengatasi sejumlah tantangan sesuai realita yang ada saat ini. "Jadi pemulihan sektor ekonomi bukan hanya menyasar perbaikan indikator dalam skala makro. Namun, ekonomi skala mikro juga harus menjadi target dalam perencanaan," ingatnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.