Dark/Light Mode

Jokowi Ingin ASEAN Jadi Lokomotif Stabilitas Dan Kesejahteraan Kawasan

Selasa, 26 Oktober 2021 19:31 WIB
Presiden Jokowi menghadiri KTT ASEAN ke-39 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (26/10). (Foto: Setpres)
Presiden Jokowi menghadiri KTT ASEAN ke-39 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (26/10). (Foto: Setpres)

 Sebelumnya 
Keputusan ASEAN mengundang Myanmar pada tingkat nonpolitik dan memberikan kesempatan guna menyelesaikan isu dalam negerinya terlebih dahulu, merupakan keputusan yang berat tapi memang harus dilakukan.

“Di satu pihak, kita tetap menjaga penghormatan terhadap prinsip non-interference. Namun, di pihak lain, kita juga berkewajiban menjunjung tinggi prinsip-prinsip lain dalam Piagam ASEAN, seperti demokrasi, good governance, penghormatan terhadap hak asasi manusia, dan pemerintah yang konstitusional,” tegas Jokowi.

Baca juga : Jokowi: Indonesia Harus Jadi Pusat Gravitasi Ekonomi Syariah Global

Keputusan ini juga memberikan ruang bagi ASEAN untuk tetap menjalankan kemajuan-kemajuan, sebagaimana janji kita kepada rakyat ASEAN. Namun, uluran tangan tetap harus ditawarkan kepada Myanmar, termasuk pemberian bantuan kemanusiaan kepada rakyat Myanmar.

Isu terakhir yang disampaikan Jokowi adalah implementasi ASEAN Outlook on the Indo-Pasifik (AOIP). “AOIP memiliki prinsip-prinsip yang sangat jelas. Sudah saatnya kita semua memberikan perhatian bagi kerja sama konkrit pelaksanaan AOIP,” katanya.

Baca juga : Teten Dukung Minaqu Jadi Lokomotif Pasar Global Tanaman Hias

Dalam kaitan inilah, pada 2023 Indonesia akan mengadakan forum kerja sama infrastruktur Indo-Pasifik. Forum ini akan diselenggarakan saat Indonesia memegang amanah sebagai Ketua ASEAN. “Saya mengharapkan kita terus memperkuat kerja sama dalam kerangka AOIP,” ucap Jokowi. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.