Dewan Pers

Dark/Light Mode

Panglima TNI Hadi Terima Tanda Penghormatan Dari Australia

Selasa, 26 Oktober 2021 23:06 WIB
Panglima TNI Marsekal, Hadi Tjahjanto
Panglima TNI Marsekal, Hadi Tjahjanto

RM.id  Rakyat Merdeka - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meraih  penghargaan kehormatan Order of Australia (Divisi Militer), sebagai pengakuan atas tekad dan komitmen yang luar biasa terhadap hubungan pertahanan bilateral.

Berita Terkait : Penerimaan Pajak Hiburan Nyungsep

Penghargaan tertinggi Australia ini dilberikan pada upacara khusus di Kedutaan Besar Australia di Jakarta, Selasa (26/10).
 
Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams mengatakan, bintang penghargaan ini menghormati pencapaian cemerlang Marsekal TNI Tjahjanto, termasuk peran integral beliau dalam mendukung koordinasi dan kolaborasi di antara angkatan bersenjata Australia dan Indonesia.
 
“Penghargaan ini menyoroti pendekatan Marsekal TNI Tjahjanto melalui pengabdian dan dedikasinya yang luar biasa untuk memperkuat hubungan pertahanan antara Australia dan Indonesia, khususnya dalam mendukung Kemitraan Strategis Komprehensif bilateral,” kata Dubes Williams.
 
Ia mengatakan, Marsekal TNI, Tjahjanto telah mendukung peningkatan kerja sama operasi gabungan, kelancaran dialog strategis terbuka tentang isu-isu yang menjadi kepentingan bersama dan meningkatkan interoperabilitas antara kedua angkatan bersenjata.
 
Panglima TNI Hadi juga mengakui dukungannya sebagai teman dan mitra Australia pada saat dibutuhkan. 

Berita Terkait : Bikin Terharu, KSAD Bantu Pengobatan Warga Yang Alami Malunion

Di bawah kepemimpinan Marsekal TNI Tjahjanto, 43 anggota TNI dan personel Badan Nasional Penanggulangan Bencana dikerahkan untuk Operasi Bushfire Assist pada Februari 2020, dalam rangka membantu operasi pemulihan dan secara langsung mendukung warga Australia yang terkena dampak kebakaran hutan parah di negara bagian New South Wales.
 
“Panglima TNI Hadi telah berperan penting dalam membangun kepercayaan dan memperkuat ikatan profesional antara tentara, pelaut dan penerbang, dan perempuan di angkatan bersenjata kita,” kata Dubes Williams.
 
Saat Ikatan Alumni Pertahanan Indonesia-Australia (IKAHAN) merayakan hari jadinya yang ke-10, Marsekal TNI Tjahjanto menjadi contoh luar biasa bagi militer Indonesia untuk  memperkuat hubungan antar anggota, terutama dengan negara tetangga dekat seperti Indonesia dan Australia.
 
“Order of Australia menghormati individu yang telah menunjukkan jasa atau pencapaian yang luar biasa. Jumlah penghargaan yang diberikan setiap tahunnya sangat terbatas, dan yang dianugerahkan kepada pejabat asing sangat jarang,” pungkasnya. [MFA]