Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bicara Pertemanan Sampai Perdamaian

Jokowi Kasih Wejangan Biden Angguk-angguk

Rabu, 3 November 2021 08:10 WIB
Presiden Jokowi dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden ngobrol penuh kehangatan di sela-sela pertemuan bilateral di Scottish Event Campus (SEC), Glasgow, Skotlandia, Senin (1/11/2021). (Foto: Biro Pers)
Presiden Jokowi dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden ngobrol penuh kehangatan di sela-sela pertemuan bilateral di Scottish Event Campus (SEC), Glasgow, Skotlandia, Senin (1/11/2021). (Foto: Biro Pers)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi dan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden menunjukkan keakraban dan kehangatannya saat mereka melakukan pertemuan bilateral di Scottish Event Campus (SEC), Glasgow, Skotlandia, Senin (1/11) sore. Pertemuan yang berlangsung sekitar 1 jam itu membahas banyak hal, mulai dari pertemanan sampai perdamaian.

Pertemuan tersebut digelar di sela-sela acara KTT Perubahan Iklim atau COP26 yang berlangsung di Glasgow, Skotlandia. Sebelumnya, di forum G20 di Roma, Italia, Biden dan Jokowi juga sempat satu panggung. Namun, tidak ada pertemuan bilateral di Italia, Jokowi dan Biden hanya sekedar say hallo.

Barulah, di forum COP26, Jokowi dan Biden menggelar pertemuan resmi. Ini juga menjadi pertemuan pertama bagi keduanya dengan status Biden sebagai Presiden Amerika Serikat. Selama ini, Jokowi dan Biden pernah bertemu secara virtual.

Baca juga : Bertemu Presiden Macron, Presiden Jokowi Apresiasi Kerja Sama Pertahanan Indonesia-Prancis

Momen pertemuan itu, lalu dibagikan keduanya di akun media sosialnya masing-masing. Jokowi membagikan pertemuannya dengan Biden di Instagram dan Twitter. Foto yang diunggah Jokowi saat dirinya sedang ngobrol dengan Biden dalam posisi sama-sama berdiri. Jokowi menengadahkan kedua tangan, sementara Biden tertawa.

“Saya bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di Glasgow, Skotlandia, kemarin, di sela pelaksanaan KTT COP26. Satu jam lamanya kami bertukar pikiran mengenai berbagai isu internasional, dari soal pandemi, perubahan iklim, demokrasi, sampai Myanmar dan Afghanistan,” cuit Jokowi.

“Saya menyampaikan pernghargaan atas kerja sama dengan Amerika Serikat di bidang kesehatan selama pandemi, dari penerimaan stok vaksin melalui mekanisme dose-sharing, hingga alat kesehatan. Indonesia tertarik menjadi bagian dari rantai pasok global di bidang kesehatan. Saya juga sangat menghargai dukungan Amerika Serikat atas posisi presidensi Indonesia di G20. Terima kasih Presiden Joe Biden,” sambung Jokowi.

Baca juga : Survei LKPI: Masyarakat Puas Dengan Kinerja Jokowi Atasi Pandemi

Biden juga melakukan hal serupa. Pertemuannya dengan Jokowi dibagikan Biden lewat akun Twitter miliknya. Biden menggunggah foto sedang bersalaman dengan Jokowi. Lalu menuliskan cuitan singkat soal pertemuan itu.

“I had a great meeting with President Joko Widodo of Indonesia this afternoon. We’re committed to strengthening the partnership between our two nations — and I look forward to the work ahead under Indonesia’s forthcoming G20 Presidency,” kata Biden.

Bila diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia, kira-kira seperti ini: “Saya mengadakan pertemuan yang luar biasa dengan Presiden Joko Widodo sore ini. Kami berkomitmen untuk memperkuat kemitraan antara kedua negara kami dan saya menantikan pekerjaan masa depan di bawah Kepresidenan G20 Indonesia yang akan datang.”
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.