Dark/Light Mode

Hasil Pilkada AS Lebih Berwarna

Politikus Muslim, Gay Dan Kulit Hitam Bermunculan

Sabtu, 6 November 2021 06:10 WIB
Wali Kota Dearborn, Abdullah Hammoud. (Foto: Twitter/Abdullah Hammoud).
Wali Kota Dearborn, Abdullah Hammoud. (Foto: Twitter/Abdullah Hammoud).

 Sebelumnya 
Ghalib dilaporkan memenangkan pemilu dengan raihan 68 persen suara. Sementara Majewski memperoleh 31 persen suara. Sebelum kemenangannya saat ini, dia sudah pernah mengikuti kontestasi pemilihan wali kota sebanyak empat kali.

Selain Muslim, politisi kulit hitam juga bermunculan di pilkada kali ini.

Baca juga : Hasil Liga Champions: Juve Menang Tipis, Muenchen Dan Zenit Pesta Gol

Eric Adams akan menjadi wali kota kulit hitam kedua di New York, dan Alvin Bragg akan menjadi jaksa wilayah kulit hitam pertama di Manhattan.

Jumaane Williams terpilih kembali sebagai advokat publik di New York dan Brad Lander memenangkan perlombaan pengawas keuangan di kota yang sama. Mereka semua adalah warga AS keturunan kulit hitam yang berhasil mendapatkan posisi penting di kota yang berada di pesisir timur AS.

Baca juga : Hasil Liga Spanyol: Los Blancos Main Kaca Mata, Sevilla Jumawa

Di Virginia, tiga politisi LGBT dari Partai Demokrat berhasil masuk menjadi anggota dewan. Mereka adalah Danica Roem, yang merupakan perempuan (transgender); gay bernama Mark Sickles dan lesbian bernama Dawn Adams. Di New York juga ada enam kandidat yang masuk Dewan Kota. Crystal Hudson, seorang transgender wanita terpilih untuk memimpin distrik Brooklyn, dan Kristin Richardson Jordan, lesbian terpilih menjadi Dewan Kota Manhattan. Total ada 997 politisi LGBT yang terpilih menduduki kursi dewan dan pemimpin kota di penjuru kota di AS.

Menurut para pakar, kemenangan sosok non-mayoritas ini memiliki signifikansi nasional. Sebab, hal itu menggambarkan, komunitas Arab-Amerika dan kulit hitam di AS mulai berpartisipasi secara aktif sehingga dapat mempengaruhi hasil pemilu. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.