Dark/Light Mode

Hasil Pilkada AS Lebih Berwarna

Politikus Muslim, Gay Dan Kulit Hitam Bermunculan

Sabtu, 6 November 2021 06:10 WIB
Wali Kota Dearborn, Abdullah Hammoud. (Foto: Twitter/Abdullah Hammoud).
Wali Kota Dearborn, Abdullah Hammoud. (Foto: Twitter/Abdullah Hammoud).

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil Pemilihan Daerah di Amerika Serikat (AS) pekan ini melahirkan sejumlah politikus dari latar belakang yang lebih beragam dari biasanya. Politisi Muslim, kulit hitam hingga gay bermunculan menjadi wali kota hingga dewan kota.

Diberitakan Associated Press, Kamis (4/11), Abdullah Hammoud terpilih sebagai Wali Kota Dearborn, Michigan, Selasa (2/11). Pria 31 tahun yang lahir dari imigran Lebanon ini menjadi wali kota pertama keturunan Arab di Dearborn, negara bagian Michigan. Kota ini telah lama dikenal dengan populasi yang cukup besar dari orang-orang Timur Tengah.

Baca juga : Hasil Liga Champions: Juve Menang Tipis, Muenchen Dan Zenit Pesta Gol

Selain Hammoud, warga Muslim keturunan Arab, Bill Bazzi, juga memenangkan Pemilu Wali Kota Dearborn Heights. Dia mengalahkan petahana, Denise Malinowski-Maxwell.

Dalam pemilu di kota tersebut, Bazzi memenangkan dua pemilihan. Pertama untuk sisa masa jabatan wali kota yang dipegang Malinowski-Maxwell yang akan usai akhir tahun ini. Kedua, empat tahun masa jabatan berikutnya.

Baca juga : Hasil Liga Spanyol: Los Blancos Main Kaca Mata, Sevilla Jumawa

Ada juga Shahana Hanif yang menjadi Muslim perempuan pertama yang menjadi anggota Dewan Kota New York, Rabu (3/11).

Hal itu menjadi sejarah baru, mengingat Hanif adalah seorang perempuan. Selama ini New York merupakan kota dengan populasi multi etnis yang berasal dari seluruh dunia. Namun, belum pernah ada yang menjadi anggota Dewan Kota yang berasal dari Asia Selatan.

Baca juga : Alhamdulillah, Kita Bangga

Ada juga Shama Haider yang terpilih sebagai anggota badan legislatif di New Jersey. Politisi dari Partai Demokrat itu, mencalonkan diri untuk pemilihan legislatif negara bagian New Jersey di Distrik 37, yang mencakup Kabupaten Bergen timur.

Haider adalah wanita Muslim pertama yang menjabat sebagai legislator negara bagian New Jersey.Satu nama lagi yang mencatatkan sejarah adalah Amer Ghalib. Dia bakal menjadi Wali Kota Arab-Amerika dan Muslim pertama untuk Hamtramck. Ghalib mengalahkan pejabat yakni Karen Majewski.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.