Dark/Light Mode

Saat Rakyatnya Menderita Akibat Covid

Menteri Vietnam Kepergok Makan Steak Berlapis Emas

Senin, 8 November 2021 06:30 WIB
Menteri Tom Lam (tengah) di gambar kiri sedang menunggu makanan. (Foto kanan) Nurset Gokce menyuapi Tom Lam. (Foto: Istimewa).
Menteri Tom Lam (tengah) di gambar kiri sedang menunggu makanan. (Foto kanan) Nurset Gokce menyuapi Tom Lam. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Keamanan Vietnam, Jenderal Tom Lam tengah panen kecaman dari publik di negerinya. Penyebabnya, ia kepergok sedang menikmati daging steak berlapis emas akhir pekan lalu. Sementara, banyak rakyatnya sedang mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemi.

Kelakuan Tom Lam ketahuan, setelah sebuah video memperlihatkan sang menteri menikmati daging steak berlapis emas yang disajikan koki ternama, Nusret Gokce, atau dikenal sebagai ‘Salt Bae’. Video ini muncul di akun TikTok Mr Gokce. Namun, video tersebut sudah dihapus setelah mendapat perhatian dari media.

Baca juga : Wakil Jaksa Agung Pede, Digitalisasi Pelayanan Kejaksaan Semakin Terasa

Dari video itu, Tom Lam menikmati santap makan malam di restoran terkenal di London, NusrEt Steakhouse, Knightsbridge, Inggris. Dikutip Channel News Asia, Minggu (7/11), video itu diambil di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perubahan Iklim COP26 di Glasgow, Skotlandia.

Di dalam video berdurasi kurang dari satu menit itu, To Lam terlihat disuapi Gokce, chef tenar asal Turki. Gokce menyajikan steak berlapis emas 24 karat yang dapat dimakan. Harga makanan itu lebih dari 1.000 dolar AS atau sekitar Rp 14 juta.

Baca juga : PLN Menerjang Ombak Demi Melistriki Kepulauan Masaloka Raya

Sejauh ini masih belum jelas berapa total harga makanan itu, dan siapa yang membayar sajian makan malam tersebut.

Video yang sudah tersebar di Facebook, Twitter dan TikTok di Vietnam ini menuai kecaman warganet di sana. Para kritikus mempertanyakan pilihan tempat makan malam, dengan hidangan steak yang harganya melebihi gaji bulanan menteri tersebut.

Baca juga : Penumpang KRL Commuter Tak Keberatan Syarat Vaksin

Untuk diketahui, gaji menteri Vietnam per bulan antara 600- 800 dolar AS (Rp 8 juta - Rp 11,4 juta). Gaji ini belum termasuk tunjangan lainnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.