Dark/Light Mode

Saat Rakyatnya Menderita Akibat Covid

Menteri Vietnam Kepergok Makan Steak Berlapis Emas

Senin, 8 November 2021 06:30 WIB
Menteri Tom Lam (tengah) di gambar kiri sedang menunggu makanan. (Foto kanan) Nurset Gokce menyuapi Tom Lam. (Foto: Istimewa).
Menteri Tom Lam (tengah) di gambar kiri sedang menunggu makanan. (Foto kanan) Nurset Gokce menyuapi Tom Lam. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Kritikus Vietnam menilai, sang menteri tak peka dengan kondisi rakyat yang berjuang bangkit dari gelombang Covid-19. Banyak dari warga kehilangan pekerjaan dan kesulitan mendapatkan pasokan makanan karena tidak memiliki pemasukan tetap.

“Orang-orang menghadapi kesulitan ekstrem karena pandemi, tetapi para pejabat bersenang-senang dengan cara selebriti kelas dunia,” tulis Pham Viet Duc di Facebook.

Baca juga : Wakil Jaksa Agung Pede, Digitalisasi Pelayanan Kejaksaan Semakin Terasa

“Pemerintah selalu mengeluh kesulitan keuangan, tetapi mereka mencuri uang rakyat untuk kehidupan mewah ini seolah-olah tidak ada hari esok,” sindir Ny Nguyen di Twitter.

Netizen lain memposting gambar anak-anak di daerah paling miskin di Vietnam dalam komentar tentang video itu.

Baca juga : PLN Menerjang Ombak Demi Melistriki Kepulauan Masaloka Raya

“Hanya kebetulan orang melihat video ini, tapi mereka selalu menghabiskan uang dengan cara berlebihan. Beribu-ribu kali lebih banyak,” kata Tommy Lee di Facebook.

Menurut Kantor Statistik Umum negara tersebut, rata-rata warga Vietnam memperoleh pendapatan bulanan sekitar 184 dolar AS atau sekitar Rp 2,7 juta pada 2020. Sedangkan satu porsi steak yang dinikmati To Lam dan koleganya seharga Rp 14 juta.

Baca juga : Penumpang KRL Commuter Tak Keberatan Syarat Vaksin

To Lam, anggota politbiro kuat Vietnam yang beranggotakan 18 orang, telah menjadi menteri keamanan publik sejak 2016 dan telah mengambil sikap keras terhadap gerakan hak asasi manusia di negara komunis itu.

Tiga tahun lalu, Presiden Venezuela Nicolas Maduro juga dikritik karena makan di cabang kelompok restoran yang sama di Turki. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.