Dark/Light Mode

KLHK Pastikan IKN Bukan Kantong Sebaran Orangutan

Rabu, 23 Februari 2022 21:24 WIB
Ilustrasi orangutan. (Foto: Dok. KLHK)
Ilustrasi orangutan. (Foto: Dok. KLHK)

 Sebelumnya 
"Sebagai negara berkembang, Indonesia masih perlu membangun, dan harus dapat menjalankan pembangunan berkelanjutan, di mana ada keseimbangan antara pembangunan dan pelestarian lingkungan, termasuk habitat satwa liar. Pembangunan IKN menerapkan konsep Green Infrastructure, sesuai dengan Instruksi Presiden," ungkap Wiratno.

Baca juga : Kampanye 120 Hari Hanya Untungkan Caleg Kantong Tebal

Lebih lanjut Wiratno menjelaskan bahwa sumber daya alam hayati menjadi basis dalam pembangunan. Pembangunan yang diharapkan adalah pembangunan by design di mana pembangunan harus mengikuti master plan yang memperhatikan sebaran data keanekaragaman hayati dari vegetasi, spesies, bahkan genetik, mempertimbangkan sebaran satwa, dan menjamin satwa liar tetap lestari di habitatnya.

Baca juga : Harga Kedelai Naik, Syarief Dorong Kebijakan Kemandirian Pangan

"Upaya untuk mendapatkan data yang komprehensif dan analiltis dilakukan melalui survey biodiversity secara menyeluruh sehingga menjadi baseline data yang memadai untuk pembangunan IKN," pungkas Wiranto. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.