Dark/Light Mode

MPA-Paralegal, Solusi Permanen Cegah Kebakaran Hutan Dan Lahan

Rabu, 10 Maret 2021 15:32 WIB
Anggota Masyarakat Peduli Api (MPA)-Paralegal tampak sedang diberikan pelatihan. (Foto: Dok. KLHK)
Anggota Masyarakat Peduli Api (MPA)-Paralegal tampak sedang diberikan pelatihan. (Foto: Dok. KLHK)

 Sebelumnya 
Terkait program ekonomi produktif, kelompok MPA-Paralegal di Desa Tumbang Nusa telah memulai budidaya ikan Papuyuh sejak bulan Agustus tahun 2020. Sebanyak 3.000 bibit ikan telah ditabur waktu itu dan saat ini, kolam budidaya ikan siap untuk dipanen.

Anggota MPA-Paralegal juga diberikan pelatihan dengan instruktur dari Dinas Perikanan Kab. Pulang Pisau untuk melakukan pemijahan agar dapat menghasilkan bibit ikan secara mandiri.

"Harapannya ke depan, untuk pengembangan kolam tidak perlu lagi membeli bibit, hal ini yang kami maksud untuk insentif jangka panjang," terang Johny.

Sementara itu Tim MPA-Paralegal di Desa Tumbang Nusa beranggotakan15 personil dipimpin langsung oleh kepala desa. Menariknya, Kepala Desa Tumbang Nusa adalah seorang perempuan bernama Lily dan satu-satunya kepala desa perempuan dari total 8 desa di Kecamatan Jabiren.

Baca juga : Pangeran Cendana Merana

Tim ini sebelumnya telah menerima e-learning peningkatan peran serta masyarakat pada bulan Agustus tahun 2020. Kegiatan tim MPA-Paralegal Desa Tumbang Nusa yang selama ini telah dilakukan untuk mendukung pengendalian karhutla antara lain adalah:

(1) Identifikasi dan pendataan lokasi rawan karhutla.

 (2) Identifikasi dan pendataan sumber daya pengendalian karhutla.

(3) Uji remas serasah atau identifikasi kerawanan karhutla harian.

Baca juga : Incar Milenial, Danamon Syariah Rilis Layanan Digital Wakaf

 (4) Sosialisasi dan anjangsana pencegahan karhutla.

(5) Pemasangan spanduk himbauan pencegahan karhutla.

(6) Penanggulangan atau pemadaman dini apabila ditemukan karhutla.

Johny menjelaskan, sesuai arahan Ibu Menteri LHK Siti Nurbaya untuk memberdayakan MPA-Paralegal ini dalam upaya penanggulangan karhutla yang bermotif ekonomi.

Baca juga : Sandi Atur Strategi Songsong Kebangkitan Pariwisata

“Arahan inilah yang mendasari usaha ekonomi produktif budidaya ikan Papuyuh MPA-Paralegal di Desa Tumbang Nusa agar masyarakat dapat memiliki sumber pendapatan baru dan tidak membakar lahan”, pungkas Johny. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.