Dark/Light Mode

Menteri LHK: Tanam Pohon Bersama Bangun Jiwa Korsa Dan Asah Kepekaan Rimbawan

Sabtu, 13 Maret 2021 21:30 WIB
Menteri LHK Siti Nurbaya saat melakukan penanaman pohon di lokasi pembangunan Pusat Persemaian Modern Rumpin, Bogor, Sabtu (13/3). (Foto: Dok. KLHK)
Menteri LHK Siti Nurbaya saat melakukan penanaman pohon di lokasi pembangunan Pusat Persemaian Modern Rumpin, Bogor, Sabtu (13/3). (Foto: Dok. KLHK)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya bersama Wakil Menteri (Wamen) LHK, Alue Dohong, didampingi oleh Pejabat Pimpinan Tinggi lingkup Kementerian LHK, melakukan penanaman pohon di lokasi pembangunan Pusat Persemaian Modern Rumpin, Bogor, Sabtu (13/3).

Penanaman ini dilakukan dalam rangkaian peringatan Hari Bakti Rimbawan ke-38 pada tahun 2021.

Baca juga : Bamsoet Bersama Gerak BS Bantu Korban Banjir Jakarta Selatan

Dalam arahannya, Menteri Siti menyampaikan bahwa lokasi penanaman di Rumpin memiliki cita-cita nasional sebagai role model pemulihan lingkungan melalui pendekatan rehabilitasi hutan dan lahan (RHL).

Ia menambahkan pusat-pusat persemaian modern yang salah satunya dibangun di Rumpin, akan mampu menyediakan bibit dengan skala besar. Bibit-bibit pohon tersebut dapat dimanfaatkan untuk pemulihan lingkungan melalui RHL pada lahan kritis.

Baca juga : KKP Bersama Prancis Bangun Pelabuhan Ikan Ramah Lingkungan

"Menanam pohon bersama di Rumpin, menandakan adanya kepekaan rimbawan akan kebutuhan saat ini untuk senantiasa membangun seraya memperbaiki dan menjaga lingkungan. Rumpin menjadi salah satu titik pangkal untuk upaya pemulihan lingkungan secara nasional," ungkap Menteri Siti.

Pembangunan persemaian modern telah mulai dilaksanakan pasca kunjungan kerja Presiden Joko Widodo pada akhir November 2020 lalu.

Baca juga : Ketum Persit Kartika Chandra Kirana Tebar Bansos Untuk Korban Banjir Karawang

Menteri Siti mengatakan sejak 2019, pemerintah telah melakukan langkah korektif dalam hal pemulihan lingkungan. Pusat-pusat persemaian dengan pola kebun bibit rakyat, kebun bibit desa, dan persemaian permanen yang ada sangat terbatas dibandingkan dengan kebutuhan bibit untuk mengatasi kerusakan lingkungan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.