Dark/Light Mode

Menteri LHK: Tanam Pohon Bersama Bangun Jiwa Korsa Dan Asah Kepekaan Rimbawan

Sabtu, 13 Maret 2021 21:30 WIB
Menteri LHK Siti Nurbaya saat melakukan penanaman pohon di lokasi pembangunan Pusat Persemaian Modern Rumpin, Bogor, Sabtu (13/3). (Foto: Dok. KLHK)
Menteri LHK Siti Nurbaya saat melakukan penanaman pohon di lokasi pembangunan Pusat Persemaian Modern Rumpin, Bogor, Sabtu (13/3). (Foto: Dok. KLHK)

 Sebelumnya 
Hal tersebut menjadi dasar pemerintah membangun persemaian berskala besar di beberapa wilayah. Pembangunan persemaian berskala besar dilakukan secara terpadu meliputi pembangunan fisik produksi bibit, didukung oleh kebijakan kelembagaan sebagai persemaian nasional bahkan internasional, manajemen persemaian serta peningkatan sumber daya manusia ahli benih dan bibit tanaman hutan.

Menteri Siti memberikan apresiasi kepada para jajarannya yang telah bekerja keras dalam mengatasi persoalan di masyarakat, terlebih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Baca juga : Bamsoet Bersama Gerak BS Bantu Korban Banjir Jakarta Selatan

Ia mengatakan dalam peringatan ini, yang paling penting adalah bagaimana kita mengaktualisasikan jati diri rimbawan kita yaitu jujur, tanggung jawab, disiplin, ikhlas, visioner, adil, peduli, kerjasama dan profesional.

"Saya berterima kasih atas kepedulian dan kepekaan para pejabat di KLHK dalam mengatasi permasalahan yg terjadi masyarakat. Kepekaan ini harus kita perdalam lagi, karena masyarakat ingin lebih diperhatikan lagi," tegas Menteri Siti.

Baca juga : KKP Bersama Prancis Bangun Pelabuhan Ikan Ramah Lingkungan

Sementara itu Staf Ahli Menteri LHK bidang Hubungan Antar Lembaga Pusat dan Daerah, yang juga Ketua Panitia Hari Bakti Rimbawan tahun 2021, Winarni Monoarfa dalam laporannya menyampaikan bahwa, penanaman kali ini termasuk dalam peringatan Hari Bakti Rimbawan yang ke-38 ini.

Adapun jenis pohon yang ditanam antara lain adalah pohon Manggis, Sawo, Durian, Kemang Campolay, Namnam, Damar, Kayu Manis, Mindi, Menteng, Gandaria, dan Eboni dengan total yang di tanam sebanyak 150 batang.

Baca juga : Ketum Persit Kartika Chandra Kirana Tebar Bansos Untuk Korban Banjir Karawang

"Penanaman pohon dimaksudkan untuk membangkitkan semangat, motivasi dan membudayakan para rimbawan, untuk terus berbakti menjaga lingkungannya," terang Winarni.

Winarni menyampaikan, Tema Hari Bakti Rimbawan tahun 2021 adalah “Terus Berbakti Di Tengah Pandemi Untuk Lingkungan Dan Hutan Lestari".  Menurutnya tema tersebut menggambarkan bahwa meskipun sedang dilanda Pandemi Covid-19, tidak membatasi para Rimbawan untuk terus bekerja, berbakti dalam menyukseskan pembangunan, meningkatkan kesejahteraan rakyat, sekaligus memastikan lingkungan dan kehutanan tetap lestari. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.