Dark/Light Mode

Saksikan Destinasi Unggulan Indonesia

KLHK Gelar Wisata Alam Virtual

Kamis, 15 April 2021 19:18 WIB
Saksikan Destinasi Unggulan Indonesia KLHK Gelar Wisata Alam Virtual

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk mengetahui perkembangan wisata virtual di Indonesia dalam rangka pemulihan objek wisata di tengah Pandemi Covid-19, sekaligus sebagai bentuk upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kembali menyelenggarakan Diskusi Pojok Iklim pada Rabu, (14/4) dengan mengangkat topik “Wisata Alam Virtual di Masa Pandemi”.

Ketua Dewan Pertimbangan Pengendalian Perubahan Iklim, KLHK, Sarwono Kusumaatmadja, dalam sambutan pengantarnya menyampaikan bahwa di masa pandemi Covid-19, kita berada pada suasana yang sangat dilematis, dimana kita harus membatasi kegiatan sehingga berdampak pada kemunduran ekonomi termasuk di bidang wisata.

Baca juga : Rayakan 20 Tahun AQUOS, SHARP Indonesia Gelar Program TV Bertabur Hadiah

Sarwono menjelaskan Indonesia memiliki destinasi unggul kelas dunia dan teknologi informatika yang memberikan jalan keluar, yaitu berupa wisata virtual.

“Melalui wisata virtual kita dapat menyaksikan keindahan alam, keanekaragaman hayati, sehingga bisa membangkitkan afinitas merasa dekat dengan alam yang merupakan suatu sikap penting yang perlu ditumbuhkan untuk pembangunan berkelanjutan. Wisata virtual akan menjadi marketing tool atau pemicu peningkatan wisata di masa normal baru,” tuturnya.

Baca juga : Timnas Indonesia Segera Gelar TC Di Jakarta

Dalam diskusi kali ini, turut memberikan pengantarnya Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi, Nandang Prihadi, yang menyampaikan bahwa akibat adanya pandemi Covid-19, wisata alam ke kawasan konservasi ditutup untuk meminimalisir penyebaran Covid-19, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Dampak penutupan wisata alam ini menyebabkan terhentinya operasional pelaku usaha wisata alam, hilangnya potensi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan berkurangnya perputaran ekonomi dari kegiatan wisata alam di kawasan konservasi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.