Dark/Light Mode

Cegah Karhutla, KLHK Perkuat Masyarakat Peduli Api Paralegal

Rabu, 28 April 2021 07:44 WIB
MPA-Paralegal Desa Bantaragung, penyangga Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). (Foto: Dok. KLHK)
MPA-Paralegal Desa Bantaragung, penyangga Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). (Foto: Dok. KLHK)

 Sebelumnya 
Dalam kesempatan yang sama selain memberikan pelatihan budidaya lebah madu juga diberikan bantuan perlengkapan dan alat untuk budidaya lebah madu.

Kepala Desa Bantaragung Maman Surahman mengatakan sangat mendukung kegiatan ini dan semoga dapat menambah semangat bagi masyarakat dalam melaksanakan pecegahan kebakaran hutan.

Baca juga : KLHK Bangun Market Access Player Yang Profesional

“Kegiatan yang dilaksanakan oleh MPA-Paralegal di Desa Bantaragung, selain melakukan patroli rutin juga melakukan penanaman pohon endemik di wilayah TNGC dan pembuatan sekat bakar serta budidaya lebah madu," kata Kades Maman.

Awan Suwandi, Polisi Kehutanan Seksi  Wilayah II Majalengka, Balai TNGC menyampaikan pembuatan sekat bakar berguna untuk mengantisipasi kebakaran dan rambatan api supaya tidak meluas.

Baca juga : Senayan Ajak Masyarakat Konsisten Patuhi Prokes

Selain itu, sekat bakar bisa juga dijadikan jalur supaya lebih mudah dalam melakukan patroli. “Patroli dan pembuatan sekat bakar rutin dilakukan  menjelang musim kemarau, dimana pada musim ini daun-daun mulai mengering dan rawan terjadi kebakaran hutan, melalui upaya ini kejadian karhutla dapat dicegah”, ujar Awan. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.